Hamil Jadi Senang Bebenah

 

Hamil jadi senang bebenah, pertanda Bunda sedang mengalami instinct nesting, sebuah hasrat untuk membuat ‘sangkar’  yang nyaman ditinggali anak,  yang sebentar lagi akan lahir.

Instinct nesting biasanya terjadi di  usia kehamilan 5 bulan atau di bawah usia itu. Namun,  tidak semua ibu hamil mengalaminya. Ada yang kuat, ada yang biasa-biasa saja, ada juga yang tidak mengalaminya.

Perubahan hormon diduga menjadi penyebab  munculnya  instinct nesting. Misalnya, di awal kehamilan Anda kerap bersikap ‘aneh’, membenci sesuatu, menyukai sesuatu dan mudah menangis.

Namun saat hormon kembali seimbang, Anda seperti memperoleh energi, bersuka cita menyambut kedatangan bayi, yang kemudian memicu untuk bersih-bersih. Nesting tidak hanya dialami ibu hamil. Para calon  ayah juga bisa mengalaminya. Para ayah biasanya akan lebih giat berkebun, membersihkan mobil atau membantu istri melakukan pekerjaan rumah.

Nah, jika  Anda mengalami instinct  nesting, optimalkan dengan kegiatan seperti:

- Membersihkan  rumah, seperti menyapu, membersihkan kaca dan pigura. Lakukan secara santai  dan  minta bantuan suami atau asisten keluarga,  jika Anda menghadapi kesulitan melakukannya karena perut yang membesar.

- Mengatur isi kulkas. Cek makanan atau minuman yang ada di kulkas. Buang yang sudah kadaluarsa dan  isi dengan makanan beku yang dibutuhkan menjelang dan setelah melahirkan.

- Menyusun rak buku dan CD. Klasifikasikan dalam kategori sesuai keinginan untuk memudahkan pencarian.

- Belanja kebutuhan Ibu dan bayi. Namun jangan beli terlalu banyak khawatir nanti tidak akan terpakai  karena bayi cepat besar. Belanja kebutuhan ibu juga, seperti  baju dan BH menyusui atau breast pad dan breast pumping.

- Menyusun perlengkapan bayi. Golongkan kebutuhan  bayi berdasarkan fungsi, misalnya pakaian bepergian, pakaian tidur, pakaian sehari-hari, baju hangat, popok dan prodak perawatan bayi. Ini akan memudahkan Anda untuk mencarinya.

- Memasak makanan yang awet disimpan dalam jumlah besar. Seperti rendang, empal daging, dan ayam bumbu kuning. Jangan lupa beri tanggal pembuatannya. Seusai melahirkan, saat tak punya waktu menyiapkan makanan,  Anda tinggal menghangatkannya di microwave.

- Mengepak tas berisi barang kebutuhan untuk  ke rumah sakit saat melahirkan.


Aktivitas yang perlu dihindari

- Mengecat. Bahan-bahan yang terkandung dalam cat mengandung racun dan merkuri yang bisa berbahaya untuk Anda dan bayi.

- Membersihkan kandang kucing. Sebab  bisa jadi kucing terinfeksi toksoplasma yang  bisa menyebabkan komplikasi  seperti perdarahan.

- Bersih-bersih  menggunakan  produk seperti pemutih atau cairan pembersih yang menimbulkan bau menyengat, yang mengakibatkan mual dan dan mata perih.

- Berkebun karena dikhawatirkan ibu hamil akan bersentuhan dengan kotoran kucing, anjing atau tikus yang bisa menjadi agen infeksi. (me)

 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Keguguran Akibatkan PTSD

Apapun penyebab keguguran, pasti menimbulkan perasaan sedih berkepanjangan. Kesedihan ini tak dapat diukur dari lamanya kehamilan. Walau kehamilan baru berusia beberapa minggu misalnya, rasa kehilanga... read more