Ibu Hamil Lebih Sering Mimpi

 

Mimpi-mimpi selama hamil adalah cara alami untuk membantu perempuan melewati proses transformasi dari seorang perempuan menjadi ibu.

Perubahan hormonal yang terjadi saat hamil --  terutama pergerakan hormon progesteron -- bisa membuat ibu hamil lebih sering bermimpi dan mimpinya juga terasa lebih nyata. Begitulah penegasan  Mary O’Malley, MD., PhD., psikiater sekaligus dokter spesialis tidur dari Norwalk Hospital Sleep Disorders Center, Amerika Serikat. Mimpi yang muncul biasanya tergantung usia kehamilan, dan kerapkali membuat ibu hamil  terbangun di malam hari.

Frekuensi mimpi bertambah. Ahli lainnya,  Patricia Garfield, PhD., psikolog klinis, pendiri Association for the Study of Dreams, Amerika Serikat dan penulis buku “Women Bodies, Women Dreams,” frekuensi mimpi selama kehamilan akan bertambah, bahkan bisa kian menggila. Hal ini disebabkan oleh desakan hormon dan campuran berbagai perasaan yang berkecamuk. Dari perasaan gundah akan perubahan bentuk tubuh,  kekhawatiran akan keadaan janin hingga perubahan hidup selama hamil dan setelah melahirkan.

Hal yang perlu disadari, menurut Patricia,  tak ada yang dapat mengartikan secara pasti makna mimpi yang dialami seseorang. Namun dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan, pada setiap tahapan kehamilan ternyata muncul beberapa gambaran mimpi dengan  tipe serupa. Dari situlah para ahli menginterpretasi mimpi yang dialami ibu hamil. Yuk, cari tahu arti mimpi Anda! (me)

Baca juga:
Arti Mimpi Di Trimester 1 Kehamilan
Arti Mimpi di Trimester Dua Kehamilan
Arti Mimpi di Trimester Tiga Kehamilan

 



Artikel Rekomendasi

post4

Keguguran Akibatkan PTSD

Apapun penyebab keguguran, pasti menimbulkan perasaan sedih berkepanjangan. Kesedihan ini tak dapat diukur dari lamanya kehamilan. Walau kehamilan baru berusia beberapa minggu misalnya, rasa kehilanga... read more