Reaksi Suami Saat Istri Hamil

 

Ada-ada saja reaksi spontan calon ayah ketika mendapat kabar sang istri positif hamil.  


“Cuma bisa nyengir  lebar sambil tetap menikmati biskuit saat ia menunjukkan hasil testpack positif-nya. Saya bingung!”
Solas Prabudhi (27)  suami Riva Anitatama sedang hamil 7 bulan.

“Ah, yang bener! Yakin? Kapan periksanya? itu isi balasan sms dari saya sewaktu Rara kirim foto testpack lengkap dengan tulisan ‘Aku hamil’. Kehamilan kedua Rara di luar ekspektasi kami karena saat itu Akshara masih 1,6 tahun.“
Oka Antara (29)  suami Rara Wiritanaya, ayah dari 2 anak.  

“Peluk dan cium perut istri! Saat memeluk, saya pun berpikiran ‘nakal’, pasti dia nanti tambah terlihat seksi dan cantik dengan perut besarnya!”
Imam Munandar (27) suami Putrie Dhina sedang hamil 5 bulan.

“Langsung boyong istri ke Rumah Sakit untuk menambah keyakinan. Waktu dokter menyatakan istri hamil, saya dengan lantang bilang pada istri, ‘Saya bangga sama kamu!’”
Bimo Sulaksono (39)  suami Maya Sulaksono,  ayah 1 anak.

“Teriak kencang, ‘Yes! honeymoon kita berhasil!’ Saking senangnya, saya borong beli  testpack berbagai merk supaya tambah yakin.”
Zeedy Makkky C (34)  suami Amalia Yaksa, ayah 1 anak.

“Diam saja. Tidak bereaksi apapun. Bingung sekali harus bagaimana, saking senangnya istri sudah hamil 5 minggu. Saat itu belum percaya kalau sudah akan jadi calon ayah. Amazing!“
Gali Atmajaya (28)  suami Hilda Gemala,  ayah 1 anak.

”Khawatir. Jujur, rasa itu tiba-tiba saja datang sewaktu dapat berita istri hamil. Saya khawatir tidak bisa jadi ayah yang baik. Namun saya tetap tersenyum sebagai bentuk kebahagian untuk istri tercinta, meski tidak terlalu bahagia.”
Michael Hendarman (29)  suami Putria sedang hamil 4 bulan.

“Ambil BlackBerry, memotret hasil testpack dan menyebarkannya ke seluruh keluarga.  Kabarkan berita bahagia ke seluruh penjuru itu penting!”
Emiral Rizwan (33)  suami Farrah Dhyqa sedang amil 7 bulan.

”Jujur, saya bingung harus merespon apa saat istri mengatakan dia positif hamil. Takut salah persepsi dengan kata ‘positif’. Saya diam saja, sampai istri beberapa kali meyakinkan saya kalau dia benar-benar positif hamil.”
Jhony (27) suami Julia Utami, ayah 1 anak.

”Teriak kencang sekali, ‘Babe, ini garisnya dua! Ini positif!’ sewaktu melihat testpack. Bahagia bukan main, ia hamil setelah dua tahun kami menunggu. Hari itu juga saya paksa istri untuk cek ke dokter agar lebih pasti.”
Yudhistira Knoch (28)  suami Siska Knoch, ayah 1 anak.

”Saya tersenyum pada istri dan bilang, ‘Oh, gitu. Yang benar, Bun? Kok bisa?’ Karena saya masih belum yakin. Maklum, sebelumnya istri pernah keguguran. Namun segera berdoa agar kehamilan kali ini sukses.”
Taufik Gusman (30)  suami Asri A, ayah 1 anak.

”Saya tidak tahu apa itu arti garis di testpack. Jadi sewaktu istri kirim foto testpack lewat ponsel, saya malah tanya, ‘Ini artinya apa? Kok ada garis dua?’
Satrio ‘Alexa’ (28)  suami Ajeng Kartika hamil 7 bulan.

“Saya tidak mau bereaksi apapun dulu sewaktu menerima foto beberapa testpack. Akhirmya respon saya dengan kirim sms, ‘Itu foto apa, non?’ Dan saya perlihatkan foto itu ke teman di sebelah untuk memastikan hasil positif di testpack.  Begitu sudah yakin, baru saya katakan ‘Testpack ya? Positif?  Hamil, non?’ Istri menjawab ‘ya’. Maka saya bergegas pulang ke Jakarta, dari Bandung.
Taufik Hidayat (29)  suami Ami Gumelar,  ayah 2 anak.  

“Saya loncat dan menggendong istri. Beberapa menit saya menggendong sambil sedikit menari, tanpa sadar kalau di dalam perutnya sudah ada calon anak kami. Saya benar-benar bahagia!”
Daniel Silitonga (27)  suami Sherly, ayah 1 anak.

“Ucapkan alhamdulilah sambil mengusap wajah. Lalu, peluk istri seerat mungkin dengan mata berkaca-kaca. Air mata tiba-tiba menetes, saat itu benar-benar seperti mimpi, karena kami sudah menunggu 3 tahun.”
Reza Anirul (29), suami Amanda sedang hamil 3 bulan.

Reaksi yang dikeluarkan seseorang ketika menerima sebuah kabar tentu berbeda-beda. Begitu juga reaksi pertama seorang pria ketika mengetahui pasangannya hamil dan mengandung anak mereka. Psikolog Keluarga Catherine Dewi Murni M.Si menegaskan, tidak semua pria menganggap berita kehamilan pasangannya sebagai kabar berita yang membahagiakan. Bila pasangan belum ingin adanya kehamilan, tentu reaksi yang keluar bukan teriakan bahagia atau pelukan dan ciuman. Semua tergantung pada kesiapan kedua pasangan.
Namun, ekpresi seseorang juga tidak bisa dipukul rata. Tidak semua calon ayah ekpresif. Ada calon ayah yang memiliki reaksi biasa saja, tapi ada juga yang sangat ekpresif. Memang banyak perempuan yang berharap kalau pasangannya akan menanggapi berita kehamilan dengan sangat ekspresif. Ekpresif atau tidaknya calon ayah tentu sudah diketahui oleh pasangannya sejak sebelum menikah. Ketika kaum laki-laki ini tidak berekspresi seperti yang diinginkan oleh istrinya, sebenarnya tak ada yang perlu dikhawatirkan. Bukan berarti ia tidak menginginkan kehamilan, kecuali bila sejak awal sudah menjadikan anak bukan prioritas pada saat itu.

 

Foto/Dokumentasi - Ayahbunda

 



Artikel Rekomendasi

post4

Keguguran Akibatkan PTSD

Apapun penyebab keguguran, pasti menimbulkan perasaan sedih berkepanjangan. Kesedihan ini tak dapat diukur dari lamanya kehamilan. Walau kehamilan baru berusia beberapa minggu misalnya, rasa kehilanga... read more