Air Ketuban Merembes

 

Tanya: Saya (hamil 23 minggu) sering mengalami flek dan rasa seperti air seni, rembes di celana dalam. Apakah itu air ketuban? Bisakah dideteksi dengan kertas lakmus?
                                    
Jawab: Segeralah ke dokter kandungan atau rumah sakit. Rembesnya air ketuban biasanya dirasakan seperti air seni yang tidak bisa ditahan, pakaian dalam basah dan cairan berbau khas. Deteksi air ketuban bisa dilakukan menggunakan tes lakmus, tetapi bila air ketuban belum terkontaminasi secret atau cairan vagina.     
    
Penyebab sebagian besar ketuban pecah sebelum waktunya adalah infeksi. Pemeriksaan infeksi, baik di luar maupun dalam genital sebelum kehamilan, bisa mengurangi angka kejadian ketuban pecah dini seperti pada kasus Anda. Dengan pecahnya ketuban, berarti pembatas pencegah infeksi antara bayi dan dunia luar menjadi tidak ada. Ini menjadi masalah, karena bayi akan rentan mengalami infeksi dan lebih baik dilahirkan ketimbang infeksi menjadi tidak bisa dicegah lagi di dalam rahim.
    
Bila ketuban pecah dini terjadi pada akhir usia gestasi (mendekati 40 minggu), bayi bisa dirawat dengan relatif lebih mudah dibanding terjadi di awal atau pertengahan kehamilan. Konsultasikan dengan lengkap kepada dokter tentang peluang bayi Anda.

dr. Yuditia Purwosunu, SpOG


 



Artikel Rekomendasi