Apa Ciri-Ciri Janin Stres?

 

Tanya: Di kehamilan 8 minggu, ukuran janin saya hanya 2 cm. Meurut dokter, ini akibat janin stres. Apa penyebab dan ciri-ciri stres pada janin?

Jawab: Berdasarkan hasil pemeriksaan USG, pertumbuhan janin Anda normal. Panjang janin dari kepala sampai ujung bawah tulang ekor 2 cm, sesuai dengan usia kehamilan 8-9 minggu. Yang dimaksud janin stres adalah jika di kandungan terdapat kondisi yang mengancam kehidupan janin. Bisa berupa gangguan aliran darah dari ibu ke janin, atau gangguan asupan kalori dari ibu ke janin.

Di usia kehamilan muda, gangguan tersebut sulit diketahui. Cara yang sering digunakan utuk menilai kesejahteraan janin pada kehamilan muda adalah dengan menghitung frekuensi denyut jantung jantung 90-110 denyut per menit dan di usia 9 minggu 140-170 denyut per menit. Kondisi janin disebut "terganggu" jika denyut jantung kuran dari 90 denyut per menit.

Pada kehamilan trimester ke 2 dan ke 3, gangguan kesejahteraan janin dapat dikenali jika gerakan janin kurang dari 10 gerakan kuat per 12 jam. Tetap pantau perkembangan janin Adna, baik ukuran maupun denyut jantungnya.

dr. Andon Hestiantoro, Sp.OG
POGI Jaya

 



Artikel Rekomendasi