Bahayakah Obat-Obatan Bagi Janin?

 

Tanya: Saya mengonsumsi Provera untuk pengobatan kista saat sadar bahwa hamil 3,5 bulan. Saya juga mengidap asma, sering menggunakan Ventolin spray atau sirup. Berbahayakah obat-obat itu bagi janin?

Jawab: Provera berisi hormon progestagen yang merupakan turunan dari progesteron. Progesteron sendiri hormon yang memelihara kehamilan pada usia kurang dari 11 minggu - sebelum terbentuknya plasenta. Jadi, secara kebetulan, obat yang Anda minum memiliki efek menguntungkan untuk kehamilan. Jika diminum sebelum diketahui hamil, tidak berbahaya. Namun hentikan obatnya sekarang, sebab dapat mengganggu proses hormonal dalam tumbuh kembang janin.

Obat-obatan asma seperti Ventolin mengandung zat yang memiliki efek bronkodilator (memperlebar saluran pernapasan). Untuk kehamilan, memiliki efek relaksasi terhadap rahim sehingga mencegah kontraksi. Namun, jika dikonsumsi pada trimester akhir, bisa memperlambat proses persalinan. Ventolin spray mengandung dosis sangat kecil dan memiliki efek lokal langsung ke saluran pernapasan, sehingga tidak berefek sistemik terhadap kehamilan.

Sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan untuk skrining USG janin. Tujuannya, melihat apakah ada efek Provera yang diminum selama 3 bulan pertama. Tanyakan juga penyakit asma yang Anda derita agar tidak kena serangan setiap hari.

dr. Sofani Munzila, SpOG:


 



Artikel Rekomendasi