Bukaan Dini Pada Kehamilan

 

Tanya: Karena mengalami bukaan dini, saya diminta bedrest oleh dokter hingga usia kandungan lebih matang. Waktu itu, saya mengalami bukaan 1 cm, di usia kandungan baru 36 minggu. Tapi saya tidak mengalami kontraksi atau  kebocoran air ketuban. Selama bedrest, dokter menyarankan saya  mencari kegiatan yang sifatnya menenangkan agar rahim tenang dan mau menunggu  waktu melahirkan  ideal. Apa yang sebenarnya terjadi?

Jawab dokter:
Bukaan pada mulut rahim sebelum waktunya, bisa disebabkan oleh kondisi yang namanya cervical insufficiency/incompetent cervix, yaitu kondisi mulut rahim yang terbilang lebih lembut dan lemah, atau  lebih pendek daripada mulut rahim pada umumnya. Peningkatan berat janin menimbulkan tekanan yang lebih besar pada mulut rahim,  sehingga mengakibatkan bukaan. Seringkali kasus ini terjadi tanpa didahului oleh kontraksi dan mengakibatkan persalinan prematur.

Bukaan dini bisa terjadi pada minggu awal atau pertengahan trimester 3 kehamilan. Risiko terjadinya bukaan dini lebih tinggi pada wanita yang sebelumnya pernah mengalami keguguran atau  persalinan prematur tanpa diketahui secara pasti apa penyebabnya. Jika Anda terbilang berisiko, kemungkinan dokter akan melakukan pemeriksaan USG transvaginal secara teratur, dimulai pada minggu ke-16 kehamilan, untuk memeriksa adanya tanda-tanda pemendekan mulut rahim.

Dr. dr. Ali Sungkar, SpOG

 



Artikel Rekomendasi