Hamil Lagi Saat Masih Menyusui

 

Tanya: Dokter, anak saya masih berusia 13 bulan dan masih menyusu (ASI saja). Sekarang saya sedang hamil 7 minggu. Bolehkah saya tetap menyusui anak saya? Apakah ada dampak terhadap anak yang sedang saya kandung?
 
Jawab: Halo ibu, selamat atas kehamilannya. Tentu saja ibu boleh terus menyusui anak pertama ibu. Pada umumnya menyusui anak selama ibu hamil mengandung anak berikutnya tidak akan berdampak negatif pada kehamilan selama kebutuhan nutrisinya tercukupi.

Hal yang seharusnya ibu cermati adalah  waktu istirahat ibu yang kurang bila dibandingkan kehamilan sebelumnya. Dengan data yang ibu berikan dimana anak pertama masih hanya menyusu ASI saja tentu sulit untuk ibu memperoleh waktu istirahat yang cukup dan ini tidak boleh terjadi. Mengingat anak pertama sudah dapat diberikan makanan tambahan saya anjurkan anak diberikan, untuk lebih detilnya saya anjurkan ibu berdiskusi lebih lanjut dengan dokter spesialis anak ibu mengenai makanan tambahan ini. Sedangkan untuk ibu sendiri saya anjurkan ibu rajin kontrol hamil dan berdiskusi lebih lanjut dengan dokter spesialis kandungan ibu.

dr. Ichnandy A. Rahman, SpOG
RSIA Budhi Jaya, Jakarta Selatan

 



Artikel Rekomendasi