Hamil Tapi Hernia

 

Tanya: Ketika berusia 12 tahun, saya menjalankan operasi hernia pada sisi kiri perut bagian bawah. Ketika dewasa, hernia itu timbul kembali tapi di perut sisi kanan bawah dan saya pun kembali menjalani operasi.

Saat ini, saya mengandung 4 bulan. Keluhan hernia pada sisi kanan perut bawah kembali terasa, terutama pada bagian pinggang hingga paha. Saya sangat tersiksa sekali.

Mungkinkah saya melahirkan normal? Bolehkah saya mengurut bagian yang sakit tersebut? Bagaimana cara mengobati hernia agar sembuh total?
 
Jawab: Ibu hamil yang pernah menderita hernia masih mungkin melahirkan secara normal. Biasanya, hernia muncul bila ada tekanan dalam rongga perut yang meningkat, misalnya bila sedang mengejan, batuk, dan sebagainya. Walau begitu, operasi yang berhasil, akan menutup lubang hernia sehingga usus tidak dapat keluar melewati lubang itu lagi.  

Selain itu, pada ibu hamil, rahim yang membesar tidak memberi peluang adanya usus di perut bagian bawah (tempat adanya lubang hernia). Pada ibu hamil, usus tergeser ke arah atas dan belakang rahim. Rasa sakit di bawah perut hingga ke pinggang dan paha, disebabkan adanya kontraksi rahim (braxton hicks contraction). Rasa sakit ini dapat dikurangi dengan istirahat berbaring. Bila perlu, dokter akan memberi obat penghilang rasa sakit.

Mengenai hernianya sendiri, sebaiknya diobati atau dilakukan tindakan lain setelah Anda melahirkan.
  

 



Artikel Rekomendasi