Hipertensi Sebabkan Keguguran?

 

Tanya: Lima bulan lalu saya keguguran (hamil 14 minggu), diduga akibat tekanan darah saya tinggi –sistole 170. Bagaimana tekanan darah tinggi dapat menyebabkan keguguran?

Jawab: Tekanan darah tinggi atau hipertensi, menyebabkan gangguan pada struktur pembuluh darah, baik di seluruh tubuh maupun di dalam rahim. Pembuluh darah yang terganggu, membuat dinding rahim jadi tidak nyaman untuk terjadi kehamilan. Hipertensi membuat pembuluh darah menyempit, sehingga aliran oksigen ke janin berkurang, dan menyebabkan pertumbuhannya terganggu.

Pada kehamilan muda, dapat menyebabkan keguguran, pada trimester kedua dan ketiga menyebabkan gangguan pertumbuhan janin atau IUGR (Intra Urine Growth Retardation), komplikasi pre-eklampsia, hingga kematian janin. JIka ibu hipertensi ingin hamil, maka harus mengontrol tekanan darah dalam batas normal dengan penggunaan obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter internis. Jika sudah hamil, maka dosis dan jenis obat disesuaikan kembali, dan harus kontrol teratur kepada dokter kandungan dan internisnya.

dr. Ali Sungkar, SpOG


 



Artikel Rekomendasi