Ibu Hamil Boleh Makan Durian

 






















Musim durian bagai tak ada habisnya. Unggahan di media sosial soal buah durian yang menggiurkan benar-benar membuat bunda yang sedang hamil jadi galau. Boleh nggak sih, ibu hamil makan durian?  

Jurnal Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga menyebut kandungan gizi buah durian. Dalam setiap 100 gr daging buah durian mengandung:

- 27  gr karbohidrat
-   4  gr serat
-   1,5 gr protein
-    5  gr lemak
- 441 IU Vitamin A 
- 20 mg Vitamin C 
- 30 mg Magnesium 
- 39 mg Fosfor

Kandungan lainnya adalah:
- Antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab penyakit berbahaya.
- Dalam 1 buah durian terkandung 436 mg kalium yang berperan untuk menjaga kesehatan otot, tulang, saraf, pembuluh darah, dan menurunkan tensi. 
- Tinggi karbohidrat sehingga ibu hamil yang punya riwayat diabetes atau gula darah tinggi sebaiknya tidak makan durian.  Dalam 1 buah durian mengandung 150 kalori. 

Dr. dr. Ali Sungkar, Sp.OG mengatakan bahwa tidak benar durian membuat janin kepanasan. Ibu hamil  juga  tidak dilarang  makan durian, asal   makan secukupnya.  Durian yang terlalu matang atau fermentasi memang mengandung  alkohol. Tapi,  jika dimakan tidak berlebihan, kandungan alkoholnya tidak berbahaya bagi janin.  Jika Anda menderita diabetes memang harus hati-hati untuk mengonsumsinya.  Sebab kandungan gula dalam durian sangat tinggi  dan bisa mengakibatkan naiknya gula darah.




 

 



Artikel Rekomendasi