Ibu Muntah, Janin Lapar?

 

Tanya: Saya (hamil 3 bulan) didera mual dan muntah. Setiap habis makan pasti keluar lagi. Apakah janin saya akan kelaparan?

Jawab: Morning sickness yang ditandai muntah-muntah tidak akan membuat bayi kelaparan, karena tubuh Anda secara otomatis menyediakan apa yang dibutuhkan bayi. Agar tidak muntah setiap habis makan, cobalah makan sedikit-sedikit tapi sering. Mulailah dengan makanan yang rasanya tawar seperti crackers atau roti bakar, dan hindari makanan yang berminyak atau terlalu banyak bumbu karena dapat merangsang mual.

Agar Anda tidak mengalami kekurangan nutrisi saat mual muntah, pastikan mengonsumsi makanan tinggi protein seperti kacang-kacangan, keju dan susu. Hal yang lebih penting lagi adalah jangan sampai kekurangan cairan. Morning sickness perlu diwaspadai apabila Anda merasa sangat sakit, kehilangan banyak berat badan dan kekurangan cairan yang ditandai dengan air seni keruh dengan bau tajam, sakit kepala, mulut, mata dan kulit kering. Jika mengalami tanda-tanda itu, segera ke dokter.

dr. Ali Sungkar, SpOG


 



Artikel Rekomendasi