Janin Kembar Sungsang

 

Tanya: Pada USG terakhir kehamilan kembar saya (7 bulan), nampak janin sudah di bawah, satu janin bokong duluan, yang lain kepala duluan. Apakah mereka sungsang? Bisakah bersalin normal?

Jawab: Disebut sungsang bila bagian terendah janin yang mendekati jalan lahir adalah bokong, kaki atau kombinasi bokong dan kaki. Kondisi itu berisiko terhadap proses persalinan. Persalinan janin sungsang per vagina memiliki risiko kesakitan dan kematian lebih tinggi dibanding persalinan caesar.

Pada kehamilan tunggal, posisi janin masih berubah sebelum usia kehamilan 35 minggu. Tapi pada kehamilan kembar, meski kurang dari 35 minggu posisi janin sering tidak berubah lagi sebab rahim lebih sempit akibat diisi lebih dari satu janin. Pada janin tunggal, ada beberapa metode untuk mengubah posisi sungsang ke normal, seperti ibu bersujud atau pemutaran dari luar oleh dokter. Tapi pada janin kembar, metode itu tidak dianjurkan.

Pada kasus Anda, pastikan dulu yang sungsang janin pertama (yang akan lahir lebih dulu) atau janin kedua. Jika janin pertama dan posisinya tidak berubah hingga usia kehamilan lebih dari 35 minggu, tidak disarnkan bersalin per vagina. Namun jika yang sungsang janin kedua, sedangkan janin pertama normal (kepala di bawah), persalinan per vagina aman selama tidak ada komplikasi lain seperti ketuban pecah dini, tekanan darah ibu tinggi atau bayi besar. Cara persalinan, janin pertama dilahirkan kepala lebih dulu, janin kedua dibantu bokong lebih dulu lalu kakinya ditarik keluar.

 



Artikel Rekomendasi