Janin Lambat Berkembang

 

Tanya: Saya (35 th) baru hamil pertama kali. Ketika usia kandungan 8 minggu, aie seni saya berwarna merah jambu. Dari hasil pemeriksaan USG, dikatakan bahwa perkembangan janin lambat dan terancam keguguran. Apa sebenrnya terjadi? Mungkinkah janin ini dipertahankan?

Jawab: Adanya pendarahan pada kehamilan muda selalu merupakan gejala awal dari keguguran. Dokter akan berusaha mencegahnya dan mencari penyebabnya. Selain itu, keadaan perkembangan embrio juga akan diperiksa dengan USG. Bila embrio masih baik, maka kehamilan layak dipertahankan dengan obat-obatan penguat rahim dan sebagainya. Namun, bila keadaan tidak baik (embrio tanpa tanda kehidupan), atau bahkan embrionya tidak ada (disebut sebagai blighted ovum0, maka tidak ada gunanya mempertahankan kehamilan tersebut. Bila pada kehamilan Anda keadaan embrio baik, maka terapi yang dianjurkan dokter yang memeriksa Anda wajib diikuti.

Penyebab gangguan janin tersebut bisa karena infeksi TORCH (toksoplasmosis, rubella, cytomegalovirus, herpes simpleks), adanya infeksi saluran kemih, atau adanya antibody ACA (anti cardioliphin antibody). Dengan mengetahui penyebabnya, maka pengobatan bisa lebih diarahkan pada faktor penyebabnya.

 



Artikel Rekomendasi