Jarak Leher Rahim Rendah

 

Tanya: Jarakleherrahim istri saya yang sedang hamil 6 bulan terlalu pendek, sheingga dipreasi pemasangan serokat. Bisaka ia bersalin normal dan apakah pad kehamilan berikutnya perlu proses yang sama?

Jawab: Istri Anda sedang mengalami inkompetensia serviks atau kelemahan serviks, yaitu mulut rahim memendek dan mudah terbuka akibat tekanan kepala janin. Hal ini bisa memicu terjadinya keguguran atau persalinan prematur. Penyebabnya antara lain faktor genetik (bawaan dari lahir), riwayat operasi pada serviks, kerusakan atau trauma saat persalinan sebelumnya, juga trauma karena kuretase atau aborsi.

Diagnosis dilakukan melalui pemeriksaan dan USG (ultrasonografi) serviks pada kehamilan rimester kedua dan dipasang cerclage (penjahitan pada serviks untuk menutup sementara) pada usia 14-16 minggu. Serokat (salah satu teknik cerclage) akan dilepas kira-kira 2 minggu sebelum persalinan (minggu ke-36 sampai ke-38). Persalinan dapat dilakukan secara normal selama tidak ada indikasi yang menghalangi janin lahir dan panggung ibu proporsional.

Untuk kehamilan berikutnya, kemungkinan prosedur cerclage dilakukan kembali, dengan evaluasi sebelumnya, atau tidak dilakukan pada usia kehamilan 14-16 minggu.

Dr.Sofani Munzila, SpOG

 



Artikel Rekomendasi