Kista 6,6 mm pada Janin

 

Tanya: Saat usia kandungan saya 21 minggu, saya kontrol ke dokter. Melalui pemeriksaan USG, terlihat ada kista di kepala janin saya (sekitar tengkuk kepala). Panjangnya sekitar 6,6 mm. Apakah kista ini dapat membesar dan berbahaya bagi janin saya?

Jawab: Pengukuran bagian tengkuk kepala (nuchal translucency measurement) umumnya dilakukan pada usia kehamilan 13-14 minggu. Dimana batas normalnya adalah 3 mm. Bila didapatkan hasil pengukuran melebihi batas normal dapat dilakukan tripel test pada darah ibu yaitu : HCG (human chorionic gonadotropin), Estriol dan AFP (alpha feto protein) untuk memprediksi terjadinya down sindrom.

Selain itu dianjurkan pula untuk melakukan pemeriksaan kromosom melalui amniocentesis (pengambilan sampel air ketuban). Sayang ibu tidak memberikan data yang lebih lengkap. Apakah janin berukuran normal ? Bagaimana data USG pada awal kehamilan? Apakah didapatkan kelainan yang lain? Mengingat usia kandungan ibu sekarang adalah 21 minggu, saya anjurkan agar lebih jelasnya kembali kontrol dan berdiskusi dengan dokter spesialis kandungan ibu
 
dr. Ichnandy A. Rahman, SpOG
RSIA Budhi Jaya, Jakarta Selatan

 



Artikel Rekomendasi