Melahirkan Nyaman

 

Tanya:
Posisi persalinan anak pertama dulu sangat tidak nyaman sehingga pasca bersalin tubuh saya  (kini hamil 7 bulan) terasa remuk dan tidak maksimal melakukan Inisiasi Menyusu Dini. Seperti apa persalinan normal yang nyaman dan aman?


Jawab:
Menentukan posisi yang nyaman saat melahirkan, sangat tergantung pada Anda sendiri, karena hal ini bersifat individual. Ada beberapa posisi yang sering digunakan dalam proses persalinan normal, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, yaitu berbaring/litotomi, miring/lateral, jongkok, setengah duduk dan melahirkan di dalam air. Umumnya di banyak rumah sakit bersalin, dokter menggunakan posisi berbaring/litotomi, yaitu telentang di tempat tidur sambil menggantung kedua paha pada penopang kursi khusus untuk bersalin.
Kelebihan posisi ini, dokter mudah membantu proses persalinan. Jalan lahir menghadap ke depan, sehingga pembukaan dan waktu persalinan bisa diprediksi akurat. Kepala bayi mudah dipegang dan diarahkan. Bila perlu episiotomi (pelebaran jalan lahir), pengguntingan lebih mudah dan minimal. Namun kekurangan posisi ini adalah ibu sulit mengejan akibat gaya berat tubuh berada di bawah dan sejajar dengan posisi bayi. Posisi ini diduga mengakibatkan perineum (daerah di antara anus dan vagina) meregang sedemikian rupa sehingga menyulitkan persalinan. Pengiriman oksigen melalui darah yang mengalir dari ibu ke janin pun relatif berkurang akibat letak pembuluh besar berada di bawah posisi bayi dan tertekan berat badan bayi.  
Berdasarkan pengalaman proses bersalin Anda pertama dulu, sebaiknya bicarakan  dengan dokter Anda posisi bersalin yang Anda inginkan.

Salam,
dr. Irchandy Rachman, SpOG
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Hamil, Sakit Pinggang

Pinggang kanan saya (hamil 25 minggu) sakit. Awalnya saya kira akibat kelelahan, tapi sebelum beraktivitas di pagi hari sudah sakit. Apakah ini akibat posisi janin yang masih melintang?... read more