Minum Susu Persiapan Kehamilan

 

Tanya: Saya berencana hamil. Apa benar harus minum susu sejak sekarang dan mengapa?

Jawab: Untuk persiapan kehamilan, bukan hanya istri yang perlu mengonsumsi makanan bergizi, tetapi suami juga. Karena, kualitas janin antara lain ditentukan oleh kualitas sel sperma dari suami dan sel telur dari isteri. Minum susu yang kaya kalsium akan membuat "cadangan” kalsium di tubuh Anda selalu baik. Dengan cadangan kalsium yang baik, organ-organ tubuh menjalankan fungsinya dengan baik.

Pada masa ovulasi atau pembuahan yang menyebabkan terjadinya kehamilan, kalsium memegang peranan penting karena memberi energi  pada sperma untuk bergerak menuju ovum. Komponen kalsium berada di ujung depan sperma, dan membantu  sperma menerobos membran sel telur. Ketika spema mencapai sel ovum, kalsium menciptakan calcium vibration (getaran kalsium) yang merangsang ovum melaksanakan pembuahan.

Susu adalah sumber kalsium terbaik. Sumber kalsium lainnya antara lain berbagai hidangan olahan susu, misalnya keju dan yogurt, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan olahannya, biji-bijian, daging dan telur.

dr. Sofani Munzila, SpOG


 



Artikel Rekomendasi