Obat Muntah Ibu Hamil yang Aman Bagi Janin

 

Tanya: Obat antimuntah apa yang sebenarnya aman untuk ibu hamil? Ada yang meresepkan dimenhidrinate, prometazin (nufapreg), metoklopramid, mediamer B6, bahkan antar SpOG kadang beda jawaban, termasuk kemananan ondansetron (anti muntah yang awalnya untuk penderita kanker yang menjalani terapi sitostatika). Apakah lanzoprazole juga aman untuk mengurangi keasaman lambung? Dari obat-obat di atas mana yang sebenarnya bisa teratogenik pada janin.

Jawab: Semua obat muntah yang disebutkan tadi sebenarnya relatif aman digunakan selama kehamilan, termasuk ondansentron yang banyak dipakai juga pada penderita kanker yang menjalani kemoterapi.

Mengenai penggunaan obat-obat tersebut yang berbeda-beda didasarkan pada berat nya keluhan yang dialami dimana ondansentron memang memiliki efek antimuntah yang lebih kuat dibandingkan yang lain. Tentu penggunaan obat yang lebih ringan dapat dipertimbangkan pada keluhan yang tidak terlalu berat. Selain itu, seperti juga pengobatan penyakit-penyakit yang lain, respon tiap orang berbeda terhadap obat tertentu, sehingga mengganti jenis obat yang diberikan dapat dipertimbangkan bila tidak diperoleh respon yang sesuai.
 
Lanzoprazole adalah obat yang digunakan utnuk mengurangi produksi asam lambung dan tergolong obat yang aman digunakan selama kehamilan.

dr. Ridwan, Sp.OG
Kemang Medical Care

 



Artikel Rekomendasi