Paska Melahirkan Sering Ngompol

 

Tanya: Sejak melahirkan anak kedua tahun lalu -perasalinan normal dibantu induksi- saya tidak bisa menahan keluarnya air seni. Bukankah mengompol adalah gangguan pada ibu hamil?

Jawab: Inkontinensia urin atau mengompol, bukan hanya dialami ibu hamil. Ibu habis bersalin juga bisa mengalaminya. Data di RCSM Jakarta tahun 2010 menyebutkan gangguan ini dialami sekitar 9-17% ibu habis bersalin dan kerap terjadi sebagai efek samping persalinan per vaginam, misalnya akibat penggunaan alat bantu dalam persalinan, persalinan yang lama, ukuran bayi terlalu besar, atau ibu mengalami robekan stadium 3 pada persalinan. Faktor-faktor ini dapat menyebabkan prolaps (kecacatan) dasar panggul, dengan salah satu gejalanya adalah mengompol.

Meski tidak berbahya, inkontinensia urin yang dialami bisa mengganggu dan menurunkan kualitas hidup. Penanganannya tergantung tingkat keparahan. Bila ringan dapat diatasi dengan latihan Kegel secara teratur, sedangkan untuk keluhan yang berat dapat diambil tindakan pemasangan mesh atau xenograt -semacam cincin- untuk menyangga organ di dalam panggul, yang dilakukan oleh dokter spesialis urinologi.

dr. Budi Iman Santoso, SpOG

 



Artikel Rekomendasi