Pereda Nyeri Untuk Ibu Hamil

 

Tanya: Saya (23, hamil 5 bulan) sering sakit gigi karena gigi bungsu di geraham kiri sedang tumbuh, tetapi tumbuhnya miring sehingga mendesak gigi lain. Bolehkah minum obat pereda nyeri setiap terasa sakit?

Jawab: Jangan minum obat sembarangan atau mengobati diri sendiri, karena tidak semua obat pereda nyeri aman untuk ibu hamil. Periksakan gigi ke dokter gigi  untuk mendapatkan perawatan yang tepat.  Gigi bungsu Anda yang tumbuh saat ini adalah gigi geraham ketiga yang muncul di usia 18-20 tahun. Karena tumbuh terakhir, kadang-kadang memang tidak cukup ruang di rahang untuk tumbuh wajar. Akibatnya, miring atau mendesak gigi di depannya. Selain sakit, juga menimbulkan penumpukan sisa makanan dan lubang di antara gigi.

Bila tidak hamil, seharusnya dicabut dengan foto X Ray sebelumnya untuk mengetahui bentuk, posisi dan kedalaman gigi. Namun karena Anda sedang hamil sehingga tidak boleh terpapar X Ray dan pencabutan bisa mencetus kontraksi, tunda dulu pencabutan. Dokter gigi akan memberi perawatan darurat seperti menambal gigi bungsu yang terlanjur berlubang, atau merawat peradangan gusi.

dr Ali Sungkar SpOG

 



Artikel Rekomendasi