Perlukah Tes Tokso untuk Kehamilan Kedua?

 

Tanya: Pada saat istri saya hamil anak ke satu, dokter melakukan tes tokso. Hasilnya positif tokso namun ditubuh sudah terbentuk vaksin (sesuai keterangan dokter saat itu). Anak pertama lahir dengan normal.

Saat ini istri saya hamil anak kedua dengan usia kandungan 5 bulan. Oleh dokter dikatakan tidak perlu tes tokso lagi, sementara teman-teman saya menyarankan tes tokso lagi. Pertanyaan saya sebaiknya istri saya tes tokso lagi atau tidak? Apa dampaknya?
 

Jawab: Selamat atas kehamilan ibu yang kedua ini. Dari data yang bapak berikan saya asumsikan bahwa hasil test TOXO pertama yang positif adalah imunoglobulin G (IgG) atau infeksi lampau. Pada umumnya bila yang positif IgG tidak perlu diobati lagi. Namun beberapa center di Eropa masih melakukan pengobatan pada pasien yang hasil IgG TOXO-nya lebih dari 2 kali normal.

Selain itu perlu diperhitungkan faktor resiko yang dapat meningkatkan TOXO seperti binatang peliharan atau kebiasaan makan sushi atau daging yang tidak matang. Sayang bapak tidak memberikan saya data yang lebih lengkap mengenai hal ini. Untuk lebih jelasnya saya anjurkan bapak dan ibu untuk kontrol dan berdiskusi kembali dengan dokter spesialis kandungan bapak ibu. Terima kasih

 

dr. Ichnandy A. Rahman, SpOG
RSIA Budhi Jaya, Jakarta Selatan

 



Artikel Rekomendasi