Pernah Dua Kali Keguguran

 

Tanya: Saya (31) pernah dua kali keguguran di usia kandungan 8 minggu karena janin tidak berkembang, dan usia 20 minggu karena rahim tidak kuat. Mengapa terjadi kedua hal tersebut? Apa yang harus saya lakukan agar tidak keguguran lagi?

Jawab: Diperlukan pemeriksaan USG dan laboratorium untuk mengetahui penyebab terjadinya keguguran pada kehamilan, apakah itu sudah dilakukan pada Anda? Sebetulnya, ada banyak faktor yang menyebabkan kehamilan tidak berkembang, memengaruhi kualitas dan perkembangan janin atau menyebabkan kandungan lemah. Misalnya saja, adanya kelainan di rahim, saluran tuba dan indung telur, adanya mioma (tumor jinak) atau kista di rahim, serta  faktor lain, seperti infeksi virus (Toxoplasma, Rubella, CytomegaloVirus dan Herpes).

Gangguan faktor pembekuan darah, kekurangan asam folat atau zat besi juga bisa turut memengaruhi hal tersebut. Untuk perencanaan kehamilan selanjutnya, lakukan pemeriksaan menyeluruh atau screening 1-2 bulan sebelum hamil untuk memastikan kondisi Anda sudah lebih baik.

dr. Cepi Teguh Pramayadi, SpOG
 

 



Artikel Rekomendasi