Punggung Sakit Setelah Makan

 

Tanya: Setiap habis makan, punggung kiri sampai area di bawah payudara sakit. Saya (26 th), hamil 5 bulan sakit seperti pegal-pegal. Ini gejala kehamilan bias aatau berhubungan dengan kondisi tulang belakang saya, bahu kanan lebih rendah dari bahu kiri?

Jawab: Rasa nyeri sehabis makan umumnya disebabkan gastritis (maag), terutama bila Anda mengonsumsi makanan yang merangsang seperti pedas, asam, kopi, soda, dan makanan mengandung gas yang membuat lambung kembung. Diantaranya, kubis, kembang kol, dan tauge. Makanan seprti ini sebaiknya dihindari.
         Bila masih ada keluhan pegal (bukan nyeri) di pungung, kemungkinan ad amasalah dengan otot. Pada ibu hamil, ini biasa terjadi yaitu akibat adanya perubahan posisi atau sikap badan. Perut yang membesar menambah beban otot pungung. Jika ditambah dengan sikap badan yang salah dan tidak ergonomic (nyaman), keluhan sakit pungung akan makin menjadi. Atasi dengan menjaga sikap dan posisi tubuh, relaks, serta melakukan olah tubuh, seperti yoga dan peregangan.
         Meski mengganggu kenyamanan, kedua kondisi itu tidak mempengaruhi kehamilan, sebab tidak mengganggu sirkulasi darah dan nutrisi ke rahim. Bila keluhan masih ada, meski sudah menempuh cara-cara dianjurkan periksakan ke dokter.

 



Artikel Rekomendasi