Tanya – Jawab Kehamilan: Cairan di Organ Janin

 

T: Pada kehamilannya bulan ke-3, Tante saya mengeluh sakit perut. Saat di-USG, dokter mengatakan, ada banyak cairan di organ-organ penting janin, seperti jantung, paru-paru, serta kepala. Dokter tidak dapat mendiagnosa penyakit apa yang dialami Tante atau janinnya, namun menurutnya, kalau pun bayi lahir, dia akan cacat. Mohon penjelasan.
                                
J: Pada kasus Tante Anda, kemungkinan terjadi penumpukan cairan pada hampir semua organ janin, yang disebut hydrops fetalis. Keadaan ini biasanya disertai dengan kelainan kromosom dan dapat mengakibatkan kematian janin. Umumnya, penanganan pasien hydrops fetalis meliputi 2 fase, yaitu di ruang bersalin dan pasca persalinan di NICU (Neo-Natal Intensive Care Unit). Pada perawatan di ruang bersalin, diperlukan persiapan terencana dan tim resusitasi (napas buatan) yang terampil. Sedang perawatan di NICU meliputi pengelolaan respirasi (pernapasan), cairan dan elektrolit, serta kardiovaskular. Pilihan terapi harus dibahas dalam konseling, karena penting bagi ibu hamil dan suami untuk membuat keputusan.     
    
Penjelasan rinci tidak dapat saya berikan tanpa melakukan pemeriksaan terhadap ibu hamil dan janin. Mintalah dokter melakukan pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan lanjutan untuk keadaan ini.

 



Artikel Rekomendasi