Tanya-Jawab: Bligthed Ovum

 

Tanya: Saya baru saja menjalani kuretase, karena blighted ovum. Ini adalah kehamilan kedua. Anak pertama sehat. Apa arti istilah ini, dan kapan saya bisa pulih kembali, bisa mengikuti program KB dan juga berhubugan dengan suami? Adakah pantangan-pantangan untuk saya agar cepat pulih?

Jawab: Blighted ovum adalah suatu kehamilan di mana mudigan (embrio) tidak tumbuh atau berkembang. Hanya ada kantung ketuban, air ketuban dan ari-ari saja. Biasanya, hal ini terjadi karena kelainan genetik (baik dari sel sperma maupun padasel telur).
Setelah kuretase, ada baiknya rahim diistirahatkan dulu minimal 3 bulan (3 kali siklus haid yang normal). Hubungan istri dapat dilakukan seperti sehabis nifas, kira-kira 40 hari setelelah tindakan kuretase. Namun, sebaiknya Anda pakai alat kontrasepsi (alat KB) dulu. Mengenai pantangan, tidak ada larangan aa pun, baik makanan maupun obat-obatan. Hal yang perlu diperhatikan adalah memperbaiki gizi (makanan), termasuk tambahan vitamin, dan gaya hidup sehat secara menyeluruh (tidak merokok, cukup istirahat, dan olahraga seimbang).
 

 



Artikel Rekomendasi