Tanya-Jawab Gizi: Apa Snack Tepat untuk Si 10 Bulan?

 

Tanya: Saya ingin membuatkan makanan selingan jenis puding pada si 10 bulan (berat badannya 8 kg, panjang 70 cm). Bahan dasar apa yang sebaiknya digunakan agar dia mudah “mengunyahnya” (giginya ada 2 di rahang atas dan 2 di rahang bawah)? Bolehkah saya menambahkan buah dan sayur ke dalam pudingnya? 
 
Jawab:
Anak yang sudah mendekati usia 1 tahun tentunya sudah melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya dan ingin mencicipinya juga. Ketika beberapa giginya sudah mulai tumbuh Anda  dapat memberikan finger food dan bahan yang lunak seperti buah yang diiris-iris, seperti snack, biskuit, crackers dan aneka puding. Namun, Anda harus mengawasi ketika anak makan sendiri.

Contoh cemilan atau snack untuk si 10 bulan:
  • Potongan buah segar seperti pepaya, pisang atau buah yang dicampur dan disiram dengan saos vanilla.
  • Kue-kue yang lunak seperti kue lapis beras, nagasari isi pisang, bolu kukus.
  • Aneka puding. Banyak jenis dari puding seperti puding maizena siram saos coklat, puding agar busa siram saos vanilla, puding roti yang dipanggang, puding caramel yang dibuat dari susu; telur dan gula karamel yang dipanggang.
Puding isi buah ini sangat baik diberikan karena merupakan selingan yang tidak hanya mengandung kalori saja tetapi ada unsur buah yang mengandung vitamin dan mineral, mengingat vitamin dan mineral sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi bersama protein, karbohidrat dan lemak untuk pertumbuhannya. Selain itu pada penemuan akhir didapatkan bahwa buah tidak hanya mengandung vitamin dan mineral saja tetapi juga mengandung phytonutrient yang juga bermanfaat untuk kesehatan.

Phytonutrient mengandung anti oksidan seperti carotenoid yang terdapat dalam jeruk, pepaya, orange, melon, nenas dan juga terdapat dalam sayuran bewarna.

 



Artikel Rekomendasi