Tanya-Jawab: Hamil, Kok, Berat Badan Naik Terus?

 

Tanya: Saya (30) sudah menyelesaikan masa menyusui. Kini, berat badan saya   73 kg dan tinggi 160 cm. Saya ingin mengembalikan  berat  badan saya seperti sebelum hamil, yakni 59 kg. Selama hamil, berat badan saya naik 11 kg. Bagaimana cara mengatur pola makan saya agar berat badan saya tidak terus naik, tapi saya tidak jatuh sakit?  

Jawab:
Anda menetapkan masa menyusui hingga bayi berusia berapa  bulan? Air Susu Ibu (ASI) sangat  berharga  nilainya, sehingga ASI sebaiknya tetap diberikan walau bayi sudah  diberi  makanan  tambahan.  

Berdasarkan  Indeks Massa Tubuh (IMT), yakni berat badan dalam kilogram (kg) dibagi tinggi badan dalam meter dikuadratkan (m²), nilai Anda adalah di atas 27, 0, dengan kata lain, Anda harus mengelola asupan gizi agar berat  badan tidak naik terus-menerus. 

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan:
  • Makan  tetap  teratur  dengan  porsi  kurang  dari biasanya.
  • Memperbanyak konsumsi sayur  dan  buah. Sebaliknya,  kurangi  sumber kalori  yaitu minyak/lemak,  karbohidrat,  gula dan  penggantinya serta  camilan.
  • Rutin berolahraga atau senam, dan jangan malas bergerak.
Khusus untuk kalori, Anda sebaiknya tidak melakukan pengurangan terlalu  drastis. Saya  menganjurkan Anda  mengkonsumsi  1500  Kalori sehari,  sehingga Anda masih bisa menikmati makanan.
 

 



Artikel Rekomendasi