Tanya-Jawab: Pernah Aborsi dan Ingin Melahirkan Normal

 

Tanya: Saya punya pengalaman aborsi dan saat ini sedang hamil. Saya ingin sekali bisa melahirkan normal. Kehamilan saya kali ini cukup sensitif karena beberapa kali keluar flek jika kelelahan dan setelah makan duren. Pertanyaan saya, apakah saya bisa melahirkan normal? 

Jawab:
Pertama saya mengucapkan selamat kepada ibu atas kehamilannya. Mengingat riwayat ibu dulu dan saat hamil ini ibu mengalami flek, tentunya ada beberapa hal yang perlu kita cermati. Pertama berapa bulan usia kehamilan ibu saat ini. Dengan adanya riwayat aborsi, perlu dipastikan apakah kehamilan Ibu saat ini hamil normal atau hamil kosong (blighted ovum).

Bila kehamilan Ibu normal, maka perlu dipastikan apakah mulut rahim ibu tertutup sempurna atau ada celah ( inkompetensi serviks ). Berikutnya, apakah ada kelainan letak plasenta pada kehamilan ini, bila letaknya dibawah ( Placenta previa) tentu ada hal-hal yang perlu ibu lebih cermati.

Berkaitan dengan proses melahirkan normal, ibu dapat melahirkan normal selama posisi, besar dan letak janin sesuai dengan kapasitas luas panggul ibu dan hal ini dapat dinilai oleh dokter spesialis kandungan ibu saat usia kehamilan 36 minggu. Untuk itu saya sarankan ibu segera memeriksakan diri dan memastikan hal-hal diatas ke dokter kandungan ibu. 

dr. Ichnandy A.Rahman dari RSIA Budhi Jaya 

 



Artikel Rekomendasi