Tanya-Jawab: Setelah Lepas KB Suntik, Ingin Hamil Lagi

 

Tanya: Saya mendambakan anak kedua. Sebelumnya saya ikut KB suntik tiga bulan sekali, tapi KB suntik tersebut sudah berhenti selama satu setengah tahun. Apakah keterlambatan hamil tersebut dampak dari suntik KB? Bagaimana cara agar bisa cepat mendapatkan momongan lagi?

Jawab:
Bila ibu sudah tidak menggunakan KB selama 1,5 tahun dan tetap melakukan hubungan suami istri dengan teratur dan masih belum mendapatkan keturunan lagi, maka ibu sudah dapat dikategorikan dalam infertilitas sekunder. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu dipastikan. Pertama, bila menstruasi ibu lancar apakah ovulasi ibu berjalan lancar ? Apakah ada sumbatan di saluran tubanya.

Apabila sudah diperikasa dan ibu dipastikan semua kondisinya normal, maka langkah berikutnya perlu dilakukan pemeriksaan analisa sperma suami, terutama bila didapatkan adanya riwayat infeksi berkemih atau trauma pada daerah genitalia suami. Untuk keterangan lebih jelas dan lengkap sebaiknya ibu segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat.

dr. Ichnandy A.Rahman dari RSIA Budhi Jaya 

 



Artikel Rekomendasi