Travelling Untuk Ibu Hamil

 

T: Saat ini saya hamil bayi kembar dengan usia kehamilan 14 minggu. Pertengahan bulan depan saya dan suami berencana ke Australia untuk urusan keluarga. Saya agak khawatir dengan perjalanan ini, takut ada apa-apa dengan kehamilan saya. Apakah saya boleh travelling?

J: Untuk menentukan apakah Anda boleh melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat udara pada saat ini perlu kerjasama antara dokter kandungan Anda dan juga pihak maskapai penerbangan. Karena itu Anda perlu menanyakan juga aturan dari pihak maskapai penerbangan kapan diperbolehkan wanita hamil untuk dapat melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat udara, apalagi Anda akan melakukan perjalanan jauh yang membutuhkan waktu penerbangan yang lama.

Sebaiknya beberapa hari sebelum keberangkatan, Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan dan meminta surat keterangan untuk di bawa ke pihak maskapai penerbangan. Menurut saya, Anda boleh melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat udara pada saat ini bila kondisi kandungan Anda baik-baik saja dan tidak mengalami kelainan apapun, salah satunya seperti kontrakaksi atau perdarahan dari kemaluan yang disebabkan oleh plasenta yang letaknya dibawah sehingga menutupi jalan lahir.

Namun, tentu saja dengan semakin jauhnya jarak tempuh dan lamanya waktu perjalanan tentu akan mempengaruhi kondisi Anda, karena dengan usia kehamilan 14 minggu masih rentan untuk terjadinya abortus/keguguran. Kemungkinannya Anda akan diberikan obat-obatan yang mencegah terjadinya hal tersebut, atau istilah awamnya diberi obat penguat rahim, pada saat kontol.

dr Femmy Zulkarnain, SpOG  
RSIA ANNA
, Bekasi Selatan

 



Artikel Rekomendasi