USG Berbahaya Bagi Janin?

 

T: Banyak pendapat yang mengatakan USG tidak perlu pada masa kehamilan trimester satu jika tidak ada keluhan, karena USG itu berbahaya bagi janin (efek radiasi ultrasonografi). Benarkah itu? Usia kandungan saya kini 4 bulan dan ketika saya hamil anak pertama, kandungan saya sudah di USG sejak bulan pertama. Bagaimana menurut dokter?

J: Perlu ibu ketahui pemeriksaan ultrasonografi (USG) adalah pemeriksaan dengan menggunakan gelombang suara frekuensi ultra. Sehingga berbeda dengan Rontgen atau CT-scan yang menggunakan gelombang cahaya, pemeriksaan USG tidak menimbulkan radiasi sama sekali.

Adapun berapa kali pemeriksaan USG selama kehamilan rekomendasinya minimal 3 kali, yaitu: pada trimester pertama, trimester kedua dan terakhir trimester ketiga akhir. Ini bertujuan untuk memperkirakan berat bayi saat lahir. Pemeriksaan USG lebih dari itu tidak ada masalah terutama bila ada indikasi tertentu yang perlu diobservasi. Untuk lebih jelasnya lagi saya anjurkan ibu berdiskusi langsung dengan dokter spesialis kandungan ibu.

 



Artikel Rekomendasi