Water Birth Bagus Untuk Kecerdasan Anak

 

Tanya: Saya (hamil 6 bulan) tertarik mencoba persalinan di dalam air (water birth), benarkah bagus untuk kecerdasan anak?

Jawab: Posisi melahirkan di dalam air sudah lama dikenal di negara Barat dan mulai tersedia di sini, terutama di Jakarta. Posisi melahirkan di dalam air memang bisa mencegah kepala bayi cedera. Terhindar dari trauma atau cedera kepala, memungkinkan kecerdasan intelegensia atau IQ bayi yang lahir di dalam air menjadi lebih tinggi dibanding sesama bayi yang lahir dengan posisi lainnya. Kelebihan lainnya, di dalam air terjadi relaksasi terhadap semua otot tubuh ibu, terutama otot-otot yang berkaitan dengan proses persalinan. Mengejan pun jadi lebih mudah dan rasa sakit selama persalinan tidak sebesar persalinan di luar air.

Namun, ada juga kekurangan persalinan di dalam air, yaitu bila proses persalinan lama, ibu bisa mengalami hipotermia alias suhu tubuh terlalu rendah. Selain itu, risiko air kolam tertelan oleh bayi sangat besar. Oleh karenanya, proses persalinan ini tidak hanya membutuhkan bantuan dokter kebidanan dan kandungan saja, melainkan juga dokter spesialis anak yang akan melakukan pengecekan langsung saat bayi lahir. Ada tidaknya air yang masuk, maupun gangguan lainnya, bisa langsung terdeteksi dan segera diatasi.

dr. Ichnandy Arief Rachman, SpOG 

 



Artikel Rekomendasi