10 Cara Nikmati 9 Bulan Menyenangkan

 

Berapapun usia kehamilan Anda sekarang, Anda bisa membuatnya terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Caranya pun tidak serumit yang dibayangkan. Ini beberapa di antaranya:

Mesra ria bersama pasangan. Agar tidak tegang dengan tanggung jawab baru sebagai orang tua nanti, ajak suami ikut melewati masa persiapan ini dengan berbagai kegiatan yang penuh kemesraan.  
  • Rayakan setiap bulan atau trimester baru dengan acara spesial berdua. Bisa pergi nonton, makan di resto favorit, belanja perlengkapan bayi atau perjalanan singkat ke kota tetangga. Ide bertukar kado juga bisa menyenangkan. Tidak usah mahal-mahal, yang penting dapat melambangkan saling perhatian.
  • Minta suami memijat kaki Anda yang pegal sambil bertukar cerita tentang kesibukan hari ini. Setelah tugasnya selesai, ungkapkan rasa terima kasih dengan kecupan spesial.
  • Jangan berhenti bercinta –kecuali bila ada larangan khusus dari dokter berkaitan dengan kondisi kehamilan Anda. Saat hamil hormone estrogen meningkat dan ujung-ujung saraf klitoris Anda menjadi lebih sensitif –artinya, Anda lebih mudah mencapai orgasme tanpa perlu “berakrobat”.
Hirup aromaterapi. Dalam bentuk minyak esensial yang aman buat ibu hamil seperti lavender, jeruk, ylang-ylang atau peppermint . Untuk meringankan morning sickness dan rasa pening, campur jadi satu setetes minyak peppermint, tiga tetes minyak anggur, setetes minyak ylang-ylang dan satu sendok makan minyak kelapa. Gunakan untuk menggosok leher, dada dan tangan dua kali sehari –bila  sudah mendapat “lampu hijau” dari dokter.

Abadikan perut buncit yang justru membuat Anda nampak seksi dan feminin. Pilih saja model dan gaya foto yang Anda inginkan: foto perkembangan perut per bulan, foto seksi yang dengan perut dalam keadaan telanjang, atau foto berdua suami di studio dengan berbagai gaya romantis layaknya foto pre-wedding.

Buat jurnal kehamilan untuk menuangkan perasaan, mimpi-mimpi dan doa. Menulis jurnal memberikan Anda kesempatan mengungkapkan intuisi dan berbagai pertanyaan yang ada di kepala sekaligus memahami berbagai pilihan yang Anda buat sendiri. Setelah menulis jurnal, Anda akan merasa lega seperti habis menulis diary waktu masih remaja dulu.

Membangun bonding dengan bayi bisa dilakukan sejak ia masih berada dalam kandungan Anda. Ajak janin bicara, nyanyikan lagu, bacakan dongeng dan doa atau sekadar ceritakan apa yang sedang atau hendak Anda lakukan seolah-olah mengajaknya serta. Bila ia bereaksi, belai atau tepuk-tepuk perlahan perut Anda tepat di mana ia menendang.

Bebaskan kreativitas Anda dengan melukis, menyulam, membuat scrap book, atau keterampilan hobi lainnya. Tanpa Anda sadari, sebenarnya tubuh sedang mengaso sejenak dan menikmati keheningan saat memusatkan perhatian pada karya yang tengah Anda kerjakan.

Tetap gaul! Saat bertemu teman-teman atau hangout dengan kolega, Anda bisa merasa rileks dan ini bagus untuk janin Anda.

Buat kantung ajaib untuk memanjakan diri di rumah. Caranya, isi satu kaus kaki bersih bercorak lucu dengan beras, lalu jahit ujungnya. Masukkan kaus kaki ke microwave sekitar 30 detik untuk setiap sisi, pastikan suhu hangat (bukan panas!), lalu letakkan di bagian tubuh yang terasa pegal atau tegang. Kalau butuh kompres dingin, masukkan saja ke dalam freezer sebelum digunakan.

Belanja perlengkapan bayi pasti akan membuat Anda langsung bersemangat. Memilih-milih, menyusunnya di lemari sampai membayangkan lucunya bayi Anda kelak saat mengenakannya. Buat daftar belanja sebelum menyerbu toko.
 
Tidur sepusanya. Pakai kaus belel favorit, redupkan lampu, putar lagu yang membuat ngantuk dan silahkan tidur sepuasnya! Pilih posisi berbaring miring ke kiri untuk memberikan oksigen maksimal bagi janin Anda dan hindari makan terlalu banyak sebelum tidur. Bila sulit tidur lama–karena merasa serba salah posisi, gatal di perut, dan sebagainya–  coba tidur dalam jangka waktu pendek tapi sering.

 



Artikel Rekomendasi