Agar Bumil Tak Mudah Marah

 

Bunda, marah-marah terus lelah rasanya. Jantung berdebar-debar, napas pendek-pendek dan tubuh menjadi tegang. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur emosi Anda agar tidak mudah marah-marah.
  • Bicarakan apa yang menjadi masalah. Dengan membicarakan perasaan Anda pada orang, terkadang bisa memberi masukan untuk mengatasi masalah. Selain itu bisa membuat orang lain memahami apa yang Anda rasakan. Bangun komunikasi dan bonding dengan pasangan. Ingatkan pada pasangan bahwa Anda masih menyayanginya dan jangan sakit hati bila tiba-tiba Anda marah. Minta dia untuk bersabar menghadapi perubahaan emosi yang Anda alami selama kehamilan.
  • Belajar relaksasi. Coba ikut kegiatan yang bisa menenangkan diri seperti yoga ibu hamil, meditasi atau mempraktikkan teknik relaksasi lainnya. Terapi musik juga salah satu cara terbaik untuk mengatasi perubahan emosi. Alihkan rasa kesal Anda dengan mendengarkan musik untuk medorong mood jadi lebih baik.
  • Lakukan kegiatan yang menyenangkan hati Anda. Habiskan waktu bersama teman-teman terdekat, seperti pergi nonton atau pergi ke spa. Anda akan pulang dengan perasaan lebih baik karena merasa cantik dan tubuh rileks. Anda juga bisa luangkan waktu melakukan hobi Anda, seperti membaca buku atau membuat scrapbook.
  • Terapkan manajemen stress. Anda tentu tidak ingin setiap saat melampiaskan kekesalan dengan marah-marah pada orang lain dan tidak bisa juga membiarkan rasa marah menumpuk. Cari cara untuk mengurangi tekanan tersebut dengan menuliskannya dalam buku diary. Ini akan membuat Anda merasa lebih baik    selama menjalani perubahan selama kehamilan. Anda juga bisa membuat daftar to-do-list agar kegiatan sehari-hari lebih teratur sehingga Anda bebas dari hal-hal yang membuat stress.
  • Cukup istirahat. Dengan istirahat yang cukup  membuat Anda berenergi. Usahakan  tidur malam berkualitas karena tidur yang terganggu membuat bangun dalam keadaaan lelah dan frustasi sehingga lebih mudah marah. Memang tidak mudah karena perubahan tubuh pada di trimester pertama sering membuat wanita hamil mengalami gangguan tidur. Untuk tidur malam yang berkualitas sebaiknya hindari makanan yang tinggi kandungan gula atau minuman berkafein misalnya kopi dan soft drink. Lakukan kegiatan yang menenangkan sebelum tidur seperti membaca buku, hindari membuka email atau menonton TV yang membuat pikiran terpacu. Kalau perlu tidur siang untuk mengistirahatkan tubuh. 

Baca juga:


 



Artikel Rekomendasi