Calon Bunda, Lakukan 13 Hal Ini

 

Selagi Anda masih “bebas,” lakukan 13 hal ini. Karena setelah anak lahir, belum tentu Anda dapat melakukannya lagi. Have fun!
  1. Sarapan di tempat tidur. Kelak bila anak sudah hadir, Anda justru akan sibuk memberinya sarapan ASI di tempat tidur. Mintalah pasangan untuk memanjakan Anda dengan menghidangkan menu sarapan istimewa, sambil katakan kepadanya, kalau hal ini bisa membantu menghalau morning sickness.
  2. Beli baju hamil model pakaian remaja. Juga beberapa baju atasan (blus) model fancy dan casual. Pakailah selama minggu-minggu terakhir sebelum hari-H melahirkan tiba. Karena begitu bayi lahir, Anda akan berganti status dan peran menjadi seorang ibu yang belum tentu cocok dengan model baju remaja.
  3. Spontan pergi menginap di akhir minggu. Ajak sahabat untuk menginap bersama di sebuah resort atau tempat lain. Nikmati saat ini selagi Anda masih dapat pergi menginap  hanya dengan membawa sedikit barang. Setelah bayi lahir, Anda harus selalu bawa ‘segudang’ perlengkapan ke mana-mana.
  4. Buat buku harian. Catatlah semua hal yang berkesan di hari-hari terakhir sebelum bayi lahir. Catatan ini akan menjadi kenangan tak ternilai ketika nanti Anda tunjukkan kepada anak setelah dia remaja.
  5. Tata ulang dekorasi ruangan di rumah Anda. Bila memungkinkan lakukan pada semua ruangan, dan tidak hanya sebatas kamar bayi saja. Pilihlah warna dan dekorasi yang membuat Anda nyaman dan ‘hangat.’ Sebab, dalam beberapa bulan ke depan, Anda akan ‘bersarang’ (nesting) di dalam rumah, mengurus dan merawat bayi Anda.
  6. Beli sepatu baru cantik. Manjakan kaki yang bertambah besar selama hamil dengan sepasang sepatu baru yang cantik dan nyaman. Pilih sepatu hak pendek berbahan kulit lembut dan elastatis. Sepatu ini akan tetap Anda butuhkan beberapa bulan setelah melahirkan, sebelum ukuran kaki kembali seperti semula.
  7. Bergabung dalam komunitas  yang dapat mendukung Anda menjalani masa akhir kehamilan. Anggota  komunitas yang Anda ikuti akan menjadi teman-teman terbaik Anda untuk menimba ilmu, sekaligus berbagi pengalaman  mengejutkan dalam pengasuhan bayi baru.
  8. Ajak pasangan ‘berkomitmen.’ Buatlah semacam permainan dengan pasangan yang intinya meminta dia berjanji untuk siap sedia 24 jam menjadi ayah siaga, membantu mengurus bayi. Lakukan misalnya dengan cara menuliskan semua hal yang Anda inginkan untuk dilakukan pasangan setelah bayi lahir, lalu mintalah dia untuk menandatangani ‘komitmen’ tersebut.
  9. Buat  foto perut. Abadikan perubahan ukuran dan bentuk Anda selama hamil.  Buat kolase foto perut atau membuat cetakan perut atau lukisan pada perut, lalu abadikan di dalam bingkai cantik.
  10. Potong rambut model praktis. Begitu bayi lahir, nyaris tidak punya  waktu lagi untuk pergi ke salon karena habis oleh jadwal pemberian ASI. Karena itu,  pilih model rambut   pendek yang memudahkan Anda untuk melakukan perawatan sehari-hari.
  11. Tidur sepuasnya. Manfaatkan waktu luang saat ini untuk beristirahat dan tidur sepuasnya. Sebab, setelah bayi lahir, tidur dan istirahat akan menjadi suatu kemewahan, karena seluruh waktu tercurah untuk merawat dan mengurus bayi. Percayalah!
  12. Bersiap dengan barang baru. Sosok bayi mungkin tidak begitu menyita tempat dalam rumah. Tapi, kehadirannya akan disertai dengan ‘segudang’ barang kebutuhan bayi yang mungkin tidak pernah ada sebelumnya. Jadi, sebaiknya bersiaplah untuk menyediakan ruang dan tempat khusus untuk menempatkan dan menyimpan barang-barang baru milik bayi Anda.
  13. Lakukan secara spontan. Selama bayi Anda belum lahir, lakukan hal-hal yang selama ini ingin dilakukan tapi belum juga terlaksana. Misalnya, menonton 2 atau 3 film sekaligus berturut-turut di bioskop. Sebab, setelah bayi lahir, Anda tak sempat lagi untuk melakukannya.(me)
Selamat menikmati hari-hari terakhir masa kehamilan Anda!


 



Artikel Rekomendasi