Ganti Dokter Kandungan

 

Wajar jika calon ibu yang pertama kali hamil melontarkan 1001 pertanyaan pada dokter kandungan. Tentu saja, dengan harapan mendapatkan jawaban yang bukan saja memuaskan, tapi juga menenangkan hati. Bila kebutuhan dan harapan ini tidak terpenuhi, Anda perlu untuk ganti dokter kandungan. Berikut beberapa pertimbangannya: 
    
Kepercayaan (trust) Anda kepada dokter yang menangani berkurang atau bahkan hilang. Menurut dr. Anne E. Garret, pendiri The Pre-eclampsia Foundation di Washington, Amerika Serikat, yang Anda butuhkan adalah seorang dokter kandungan dan kebidanan (obstetri dan ginekologi)  yang profesional dan sigap mengambil tindakan untuk menyelamatkan jiwa Anda dan janin.  
“Lampu merah” apabila dokter kandungan Anda:
  • Tidak mampu mendeteksi kemungkinan terjadinya pre-eklampsia   atau masalah kehamilan lain.
  • Bersikap sinis saat Anda minta ijin mencari pendapat kedua dari opini atau saran yang diberikannya.
  • Terlihat kurang, atau bahkan tidak mengikuti perkembangan metode serta hasil riset terkini tentang masalah kehamilan yang Anda hadapi.
Komunikasi “tulalit” Dokter kandungan yang “baik” menurut dr. Jill Powell dari Saint Louis University School of Medicine, Amerika Serikat, adalah yang bersedia meluangkan waktu untuk memberi penjelasan yang dibutuhkan pasien.
“Lampu merah” bila dokter kandungan Anda:
  • Kurang memberi waktu dan kesempatan kepada Anda untuk berbincang, berdiskusi, serta menjelaskan keadaankandungan Anda berdasarkan hasil pemeriksaannya.
  • Tidak mengacuhkan, tidak menjawab, atau bersikap seolah-olah tidak mendengar pertanyaan yang Anda ajukan kepadanya.
Kok, maksa, ya? Sejauh kehamilan Anda sehat dan tidak ada faktor penyulit persalinan, menurut dr. Stephanie L. Nicholas dari Magge-Women’s Hospital of University of Pittsburgh Medical Center, Amerika Serikat, Anda boleh memilih jenis persalinan, bahkan jenis pembiusan yang akan dilakukan saat bersalin nanti. Untuk itu, Anda berhak meminta saran atau berdiskusi tentang proses persalinan Anda dengan penolong persalinan.
 “Lampu merah” bila dokter kandungan Anda:
  • Tidak mendukung proses persalinan alami yang ingin Anda jalani,  atau sangat menyarankan Anda melakukan persalinan Caesar tanpa alasan yang kuat.
  • Segera mengalihkan topik pembicaraan ketika Anda mengajukan pertanyaan atau keinginan tentang jenis pembiusan saat persalinan, serta fasilitas rooming in yang kebetulan tidak terdapat di rumah sakit tempat dokter tersebut berpraktik. (me)

 



Artikel Rekomendasi