Kiat Praktis Mengontrol Porsi Makan Saat Hamil.

 

Beberapa kiat prasktis dan mudah ini bisa membantu mengontrol porsi makan Anda. Percayalah Anda bisa!

  • Ubah “dekorasi” piring Anda. Misalnya, jika sebelumnya lauk daging mendominasi isi piring Anda, kini cobalah mengisi sekitar 50% piring Anda dengan sayur. Sisa tempat di piring Anda bisa untuk sepotong daging dan nasi. Dengan cara ini, Anda terhindar dari risiko kalori berlebih, tubuh pun dapat zat-zat gizi lain sebagai gantinya.
  • Buat perbandingan. Porsi makan yang ditulis berdasarkan satuan berat yang baku mungkin akan membuat Anda sulit mematuhinya. Agar lebih mudah, cobalah buat perbandingan berat bahan makanan ternetu dengan sebuah benda yang Anda kenal. Misalnya, 100 gram nasi itu setara dengan ¾ gelas nasi atau 1 buah kentang ukuran sedang. Atau, 50 gram daging itu setara dengan 1 potong daging ukuran sedang (6 x 5 x 2cm).
  • Jauhkan makanan dari jangkauan. Makanan yang tersaji di dekat Anda cenderung membuat Anda mengambilnya lagi, dan lagi. Tanpa sadar, Anda telah mengambilnya lebih dari porsi yang Anda butuhkan. Lebih baik, ambil keripik pisang, misalnya dalam jumlah yang cukup, lalu letakkan stoples atau wadahnya di tempat yang tidak terjangkau oleh tangan Anda. Jika mungkin, daripada menyajikan aneka masakan di meja makan, mengapa tidak Anda biarkan saja mereka di dalam tempatnya di dapur dan hanya mengambil seperlunya untuk mengisi piring Anda. Dengan demikian, Anda punya kesmepatan untuk berpikir apakah Anda benar-benar masih sebaliknya, sudah cukup sehingga Anda tidak perlu beranjak dan mengambilnya lagi.
  • Minum air. Tidak hanya mencegah dehidrasi dan membantu proses pencernaan, air juga membantu memperlambat munculnya ras alapar d antara waktu makan. Sebagai variasi, cobalah minum yang bercita rasa khas, sperti the herbal. Sensainya bisa mengalahkan keinginan Anda untuk ngemil.
  • Tingkatkan frekuensi porsi makan. Sesekali ubah pola makan Anda dari tiga kali makan utaman dan dua kali selingan menjadi beberapa kali makan dengan porsi yang lebih kecil. Pola makan ini terutama bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami masa ngidam atau ingin selalu ngemil. Dengan makan beberapa kali dalam porsi kecil sepanjang hari, Anda tetap memiliki energi dan bisa menekan keinginan selalu mengunyah makanan. Selain itu, jika Anda merasa sangat lapar, Anda cenderung balas dendam pada waktu makan berkutnya, bukan?
Makan Di Luar Saat Hamil
Jangan Makan Berlebihan Saat Hamil!
Contoh Menu dan porsi Ngemil Untuk Ibu Hamil




 



Artikel Rekomendasi