Masa Peralihan Persalinan

 

Kontraksi kian menjadi berlangsung selama 60-90 detik dengan jarak 2-5 menit. Dokter akan melakukan pemeriksaan dalam. Patuhi saran dokter dan lakukan teknik bernapas panting.

Apa yang Anda alami?
  • Kontraksi kian menjadi. Pada masa peralihan - berakhirnya tahap pertama persalinan dan sebelum dimulainya tahap kedua  -  kontraksi berlangsung selama 60-90 detik dengan jarak antar kontraksi 2-5 menit.  
  • Pemeriksaan dalam. Dokter atau bidan akan melakukan pemeriksaan dalam  - colok vagina atau vaginatuse  - untuk mengetahui perkembangan pembukaan. Tarik napas dan jangan tegang. Begitu dipastikan leher rahim Anda sudah membuka sempurna (sekitar 10 cm), Anda akan diperbolehkan  mulai mengejan.  
Bertahan, Bunda. Lakukan ini:
  • Patuhi dokter, yaitu, jangan mengejan sebelum dokter menyuruh Anda mengejan. Bila Anda  mengejan sebelum pembukaan lengkap, terjadi pembengkakan atau edema pada mulut rahim yang bisa mempersulit proses persalinan.
  • Bernapas panting (pendek-pendek, napas ditiup dari mulut) saat terasa nyeri kontraksi dan ada dorongan kuat untuk mengejan.
  • Bayangkan pertemuan dengan bayi, membantu Anda tetap antusias dan tidak patah semangat. 
Baca:
Tahap kedua persalinan
Tahap ketiga persalinan
Menghadapi Minggu Terakhir Kehamilan
Tahap pertama persalinan


 



Artikel Rekomendasi