Menghitung Hari Kelahiran

Menghitung Hari Kelahiran  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Dari usia kehamilan bisa dihitung kapan bayi Anda bakal lahir.
Bayi diharapkan lahir cukup bulan, yakni pada usia kehamilan 36 minggu ditambah 7 hari. Kematangan fungsi paru-paru janin, secara alami terjadi pada usia 35-36minggu, sehingga saat lahir dia akan lebih siap beradaptasi dengan dunia barunya. Penentuan usia kehamilan dan perkiraan waktu kelahirna ini dapat dilakukan dengan:

1. Hari pertama haid terakhir (HPHT)
Caranya dengan rumus Naegle:
(hari+7), (bulan-3), (tahun+1)

Misalnya, jika HPHT Anda 1 Juni 2010, maka perkiraan tanggal persalinan adalah 8 Maret 2011. Dengan catatan:
  • Rumus ini cocok jika siklus haid Anda teratur, yakni 28-30 hari. Kalau siklus Anda kurang atau lebih, maka harus dikoreksi. Untuk siklus haid pendek, perkiraan hari persalinan akan dikurangi. Misalnya, siklus haid 26 hari, maka perkiraan tanggal 8 Maret, maju 2 hari menjadi tanggal 6 Maret. Sebaliknya, jika siklus panjang, misalnya 40 hari, maka bila taksirannya 8 Maret, perlu ditambah 12 hari, menjadi 20 Maret.
  • Untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3, yaitu Januari, Februari, dan Maret, maka ditambah 9, dengan tahun angka tetap.
Kelemahan cara ini adalah banyak ibuhamil yang lupa kapan HPHT-nya. Tak heran jika sekitar 5% ibuhamil mengalami persalinan lebih dari waktu yang diperkirakan. Itu sebbanya, Anda disarnkan memeriksakan diri ketika haid terlambat sekurang-kurangnya satu bulan, sehingga HPHT diketahui lebih akurat.

2. Ultarsonografi (USG). Dokter menentukan usia kehamilan dan memperkirakan waktu kelahiran bayi berdasarkan “gambar” janin yang muncul pada layer monitor.
  • Tingkat akurasi USG 4D mencapai 95%, jika digunakan pada trimeseter pertama dan menggunakan USG transvaginal. Pemeriksaan USG transvaginal adalah pilihan terbaik bagi ibu yang gemuk, rahimnya “menukik” ke belakangan atau kandung kemihnya tak cukup terisi.
  • Jika pemeriksaan untuk menentukan usia kehamilan dilakukan pada trimeseter 2 atau 3, maka harus dilakukan pemeriksaan serial dan tingkat biasa cukup tinggi.
Masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan. Menggabungkan beberapa cara merupakan pilihan terbaik. Tentu saja, konsultasikan dengan dokter Anda.

 


Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Melatih Memori Bayi   6630   
>  Memahami Perspektif Bayi   1760   
>  Perubahan Dunia Ayah   1178   

 
 border=
Berat Badan Berlebih
Apakah saat hamil Anda mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan?
Ya
Tidak