Mengurangi Risiko Preeklampsia

 

 

Walau penyebab utama Preeklampsia (gejala hipertensi) masih menjadi tanda tanya, salah satu yang signifikan dari munculnya gejala ini adalah kurangnya asupan kalsium pada masa kehamilan. Studi telah membuktikan dengan tercukupannya kebutuhan kalsium dapat mengurangi risiko hipertensi yang terjadi pada masa kehamilan.


Lakukan beberapa pencegahan kecil yang memberi manfaat besar seperti berikut ini:

  • Kenali gejala Preeklampsia. Waspadalah jika Anda mengalami peningkatan berat badan dengan cepat, sakit kepala, pandangan kabur, nyeri di perut serta kecemasan yang pada umumnya terjadi pada tri-semester kedua dan ketiga masa kehamilan. Bisa saja gejala-gejala tersebut merupakan pertanda Preeklampsia, segera konsultasikan pada dokter kandungan Anda.
 
  • Kenali faktor penyebab Preeklampsia. Ketahui faktor-faktor penyebab Preeklampsia seperti sejarah Preeklampsia dalam keluarga, mereka yang berusia di atas 35 tahun dan di bawah 20 tahun, obesitas, kehamilan ganda, dan wanita hamil dengan riwayat penyakit seperti tekanan darah tinggi kronis, diabetes, ginjal, atau lupus. 
 
  • Penuhi gizi Anda dan janin Anda. Dengan tercukupnya kebutuhan kalsium dapat mengurang risiko hipertensi yang terjadi pada masa kehamilan. Kebutuhan kalsium dapat Anda peroleh melalui makanan yang Anda konsumsi sehari-hari seperti susu, sayuran hijau, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Bila dirasa tidak tercukup, suplemen kalsium dapat menjadi pilihan praktis untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda.
 
  • Kontrol kehamilan Anda. Langkah terbaik dalam menjauhkan Preeklampsia pada kehamilan Anda adalah dengan rajin kontrol ke dokter kandungan. Periksa rutin tekanan darah serta kandungan protein dalam urine Anda. Segera konsultasikan ke dokter apabila Anda merasakan gejala-gejala Preeklampsia agar dapat ditangani dengan cepat.

 Cara mudah hindari Eklampsia:
 
  • Minum multivitamin. Riset menunjukkan, multivitamin memenuhi kebutuhan asam folat selam kehamilansekaligus mengurangi risiko pre-eklampsia hingga 50%.
 
  • Makan serat. Berdasarkan riset Universitas Washington, Seattle, AS, makan buah dan sayur akan mengurangi risiko Pre-Eklampsia.
 
  • Ke dokter gigi. Bakteri perusak gusi bisa menjadi pemicu Pre-Eklampsia, demikian riset terbaru AS. Jadi, sikat gigi minimal 2 kali sehari dan gunakan benang gigi.
 
  • Jalan kaki. Studi menunjukkan, ibu hamil yang teratur jalan kaki bersisiko rendah alami Preeklampsia dibanding yang malas jalan.
 
 

 



Artikel Rekomendasi