Setelah Positif Hamil

 

Ada dua garis di test pack Anda. Setelah itu Anda melakukan apa? Lakukan 15 langkah ini setelah Anda dinyatakan positif hamil.
  1. Berdoa syukur. Anda meyakini kehamilan adalah karunia Sang Pencipta. Jadi, yang pertama-tama dilakukan setelah tahu hamil adalah memanjatkan doa syukur.    
  2. Cari cara unik memberi tahu pasangan.Langsung menelepon atau bbm dia? Kurang kreatif. Lakukan hal-hal yang lebih kreatif dan seru.  Ini tip menyiapkan mental ayah siaga.
  3. Memilih dokter kandungan. Kalau sudah punya nama dokternya, cek apakah dia praktik di rumah sakit yang mudah dijangkau dari rumah atau kantor -memudahkan Anda periksa rutin dan bersalin. Selama hamil, ada jenis pemeriksaan yang memang perlu dilakukan, jadwalnya cek di sini
  4. Bergabung dengan komunitas Ayahbunda (milis, fanpage dan twitter). Jadilah calon ibu yang up to date dalam urusan kehamilan, persalinan, dan perawatan bayi. 
  5. Beritahu pimpinan di kantor. Terlebih bila jenis pekerjaan Anda berisiko membahayakan kehamilan, misalnya, di lingkungan kerja yang terpapar zat kimia atau limbah, banyak berdiri, atau banyak perjalanan dinas yang melelahkan. Dengan memberi tahu pimpinan, Anda dapat menjajagi kebijakan perusahaan, untuk menyesuaikan pekerjaan dengan kondisi Anda saat ini.
  6. Cek status keuangan dan buat rencana finansial bagi bayi. Cek asuransi dari kantor -atau pribadi- dengan manfaat kehamilan dan persalinan, akan membayar biaya kontrol kehamilan, melahirkan, dan pemeriksaan setelah keluar rumah sakit.
  7. Check list isi kulkas dan lemari, singkirkan makanan tidak sehat. Penting memerhatikan apa yang Anda makan dan minum selama hamil. Perkuat komitmen pola makan sehat dengan menyortir isi kulkas dan meminimalkan minuman dan makanan yang kurang sehat.  Perbanyak makanan sehat yaitu buah-buahan aneka warna, sayuran, susu pasteurisasi, susu kedelai, yoghurt, keju, telur, biskuit, roti dari gandum utuh, sereal, ikan, daging, dan sebagainya. 
  8. Langganan katering sehat. Bila di kantor Anda sering tidak punya waktu untuk membeli makan siang yang sehat, langganan katering sehat saja! 
  9. Bergabung di kelas hypnobirthing. Untuk melatih Anda lebih tenang menghadapi kehamilan. Anda juga diajarkan membiasakan diri mengajak janin bicara -bentuk komunikasi antar ruh- yang dilakukan agar janin bekerja sama dengan Anda menjalani 9 bulan yang mudah, lancar, dan aman.
  10. Cek dan ricek lingkungan, sudah aman? Semaksimal mungkin tidak terpapar ini saat hamil: asap rokok, kotoran hewan yang mungkin mengandung toksoplasma, sinar X, asap kendaraan bermotor yang beracun timbal (Pb), obat semprot anti nyamuk, suara bising yang bisa mengakibatkan gangguan pendengaran, terutama intensitas di atas 100 db, suara mesin gergaji (110 db), pukulan palu (120 db), pesawat (130 db).
  11. Cek jadwal 9 bulan ke depan. Ada rencana berlibur luar kota/negeri, mengerjakan proyek dengan tingkat kesulitan tinggi, atau memulai olahraga hi impact? Bila “ya”, perlu ditunda sampai Anda benar-benar yakin kehamilan sehat, berdasarkan keterangan dokter. 
  12. Buat jadwal ke dokter gigi -terutama bila Anda memakai kawat gigi. Sampaikan ke dokter bahwa Anda hamil. Biasanya kawat gigi tidak langsung dilepas, hanya saja dalam perawatannya, ronsen gigi menggunakan X-ray dihindari, sebab membahayakan janin. Pada trimester pertama, bila mual dan muntah, pemakaian braces membuat pembersihan mulut dan gigi harus lebih seksama. Pada kasus tertentu, seperti pemakaian braces terasa menyakitkan sehingga Anda sulit makan, dokter akan memertimbangkan untuk melepas braces sementara, sebab asupan makan yang cukup sangat penting bagi ibu dan janin.
  13. Berhenti merokok dan makan obat sembarangan. Dalam kepulan asap rokok ada 4000 senyawa kimia berbahaya, di antaranya; tar, karbon monoksida dan nikotin, yang dapat mencetus keguguran, kelahiran prematur, berat bayi lahir rendah, dan kematian. Untuk menghindari paparan zat kimia ke janin, ibu hamil juga dilarang makan obat-obatan sembarangan. Obat resep dokter pun harus dipastikan tidak berbahaya bagi janin. 
  14. Atur gerak-gerik. Di dalam tubuh Anda ada bakal manusia yang sedang tumbuh. Atur mobilitas untuk menghindari jatuh, tergelincir, atau terbentur. Kenakan alas kaki bertumit rendah yang lebih praktis untuk bergerak. Jangan takut untuk berolahraga,  pilih jenis olahraga yang aman dilakukan ibu hamil.
  15. Tukar produk kecantikan. Tristen Markey, peneliti senior dari Environmental Working Group (EWG),  menyarankan ibu hamil mencek lagi label kosmetikanya. Beberapa produk kosmetik ada yang mengandung phthalate. Senyawa kimia bahan plastik yang dapat mengganggu sistem reproduksi. Obat jerawat dan antiaging, ada yang mengandung retinoid dan accutane yang mencetus kecacatan janin. Pembersih dan pelembab yang mengandung salicylic acid dosis tinggi berisiko menimbulkan cacat janin.
  16. Berdamai dengan gangguan. Saat hamil, ada keluhan yang paling sering dialami ibu hamil seperti mual muntah, bengkak dan sembelit. Lakukan cara tepat dan aman untuk mengatasinya.  

 



Artikel Rekomendasi