Stimulasi Indera Pendengaran Janin

 

Memasuki usia kehamilan 6 bulan, indera pendengaran janin sudah mulai berkembang dan berfungsi karena proses pembentukan daun telinga telah selesai. Janin mulai mendengar bunyi-bunyian dari sekitarnya, baik dari dalam maupun di luar perut ibu.

Stimulasi pendengaran janin lewat musik. Seluruh organ pendengaran janin memang belum berkembang dan berfungsi sepenuhnya. Namun, penelitian membuktikan bahwa tidak sedikit janin yang sudah mulai menunjukkan respon terhadap suara. Stimulasi indera pendengaran janin dengan memperdengarkan alunan musik. Sebuah penelitian pernah membuktikan bahwa, kelincahan gerak mata, koordinasi antara mata dan tangan, serta sifat-siafat positif lainnya berkembang lebih cepat pada bayi yang ibunya ikut program pengenalan musik bagi bayi dalam kandungan.  

Pilih jenis musik lembut dan tenang, untuk diperdengarkan pada janin, misalnya musik klasik. Musik yang berirama lembut, teratur dan tenang selain dapat mengembangkan fungsi otak juga dapat menjadi penenang bagi janin. Untuk mengoptimalkan stimulasi, ibu hamil juga harus ikut menikmatinya. Musik dapat membuat situasi tubuh nyaman dan relaks, ini akan berpengaruh positif pada kehamilan. (me)

Baca juga:
Terapi Emosi Ibu Hamil dengan Musik
Musik Mencerdaskan Tak Hanya Mozart
Musik Positif Bagi Jantung

 



Artikel Rekomendasi