Tahap ketiga persalinan

 

Plasenta dan kantung ketuban kosong akan keluar dengan sendirinya. Lakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) karena semakin cepat ASI diberikan pada bayi, semakin lancar proses menyusui selanjutnya.

Apa yang terjadi?
  • Bye bye plasenta! Plasenta dan kantung ketuban kosong akan lahir sendiri. Plasenta keluar lebih dulu, lengkap dengan bagian sisi yang terikat ke tali pusat. Bila perlu, dokter mempercepat dengan suntikan perangsang kontraksi rahim. Proses kelahiran plasenta secara alami terjadi 20-60 menit setelah bayi lahir, sedangkan yang dibantu obat antara 5-10 menit.  Upaya merangsang kontraksi rahim dengan obat, dapat mengurangi perdarahan, sebab suntikan membuat rahim berkontraksi lebih kuat sehingga pembuluh darah akan terjepit di antara serabut otot-ototnya.  
  • Anda takjub pada bayi. Tahap ketiga persalinan mungkin tidak Anda sadari, sebab  terfokus pada si kecil dan diliputi rasa bahagia, bangga dan lega. Selain itu, tahap ini tidak sakit.
Anda sebaiknya:
  • Pilih cara melahirkan plasenta,  apakah alami atau dibantu obat  - beritahukan pilihan Anda pada dokter sedini mungkin.
  • Lakukan IMD, karena semakin cepat ASI diberikan pada bayi, semakin lancar proses menyusui selanjutnya.
  • Jalani rawat inap. Setelah persalinan  selesai, Anda  dibawa ke ruang pemulihan, lalu dipindahkan ke ruang rawat inap. Lama tinggal di rumah sakit tergantung kondisi kesehatan Anda. Istirahat dengan cukup dan nikmati hidangan Anda. Anda telah menyelesaikan tugas unik dan menakjubkan!
Baca:
Menghadapi Minggu Terakhir Kehamilan
Tahap pertama persalinan
Masa peralihan
Tahap kedua persalinan
Tahap ketiga persalinan


 



Artikel Rekomendasi