Tepat Periksa USG

 

Pemeriksaan ultrasonografi atau USG dianggap aman bagi janin. Namun, sebaiknya dilakukan sesuai kebutuhan saja. Bila kondisi kehamilan Anda normal dan sehat, tidak usah terlalu sering USG. Atau cukup lakukan pada waktu-waktu berikut ini:

  • Saat pertama periksa hamil, untuk mengetahui lokasi janin, jumlah janin, serta keadaan organ kelamin dalam, seperti bentuk rahim dan kedua indung telur. Usia kehamilan juga sangat akurat ditentukan dengan USG pada kehamilan antara 8-13 minggu.
  • Usia kehamilan 11-14 minggu, untuk mengetaui apakah janin mengalami kelainan down syndrome (DS), kelainan pada bagian kepala seperti hidrosefalus (zat cair terkumpul di dalam rongga otak) dan anensefalus (tidak ada tempurung kepala), atau kelainan pada perut (abdomen). Generasi terbaru USG bahkan mampau mendeteksi kelainan janin pada usia kehamilan 9 minggu.
  • Usia kehamilan 18-23 minggu, untuk melihat ada tidaknya cacat bawaan mayor dan memastikan pada pemeriksaan pertama. Dokte biasanya menjelaskan ukuran lingkar kepala janin, panjang lengan atas, lingkar perut, panjang paha, berat badan, umur, dan dinding perut, letak plasenta, gambaran dan fungsi talli pusat, jumlah air ketuban, posisi janin, yang berurutan secara sistematis.
  • Mendekat persalinan atau kehamilan lewat waktu untuk mengetahui pertumbuhan janin, lokasi ari-ari, persentasi (bagian terbawah) janin pad ajalan lahir, jumlah air ketuban, serta ada tidaknya lilitan tali pusat.
 

 



Artikel Rekomendasi