Tips Mengonsumsi Makanan yang Asam-Asam

 

Makanan yang rasanya asam menjadi andalan ibu hamil jika rasa mual mulai menyerang. Makanan favorit itu biasanya rujak, asinan, pempek, acar atau yogurt. Berikut tips saat mengonsumsi makanan tersebut
  • Rujak buah
    Kandungan gizi: vitamin, mineral, serat, zat warna buah (fitokimia).
    Tips:  Porsi makan buah yang disarankan bagi setiap orang adalah 5 porsi sehari (1 porsi buah = 1 potongan sedang buah). Untuk mendapat asupan zat gizi yang lengkap, variasikan jenis dan warna buah-buahan di dalam rujak. Selain mangga muda dan kedondong, cobalah stroberi, kiwi, dan jeruk.  
  • Asinan sayur
    Kandungan gizi: vitamin, mineral, serat, protein (dari tahu dan kacang).
    Tips: Sama seperti makan buah, menyantap sayuran adalah bagian dari kebiasaan sehat yang harus dilakukan setiap hari. Namun berhubung bumbu asinan diramu dengan tambahan cuka, jangan disantap sesering rujak buah.
  • Pempek
    Kandungan gizi: protein, mineral, karbohidrat, lemak.
    Tips: Bahan baku pempek adalah ikan dan tepung sagu, cukup ideal sebagai sumber karbohidrat dan protein untuk mengganti asupan nasi dan lauk. Untuk mengurangi asupan lemak trans dari pempek yang digoreng, pilih pempek kukus atau rebus. Tambahkan potongan mentimun untuk asupan serat dan vitamin. Batasi pemakaian cuko kuah pempek!
  • Acar
    Kandungan gizi: serat, vitamin, mineral.
    Tips: Komposisi buah dan sayuran untuk bahan acar terbatas jenisnya sehingga Anda tidak bisa leluasa berkreasi. Pemrosesan buah dan sayuran menjadi acar membuat sebagian zat gizi di dalam buah dan sayur berkurang. Batasi konsumsi acar seperlunya saja.
  • Yogurt
    Kandungan gizi: protein, kalsium, vitamin, lemak.
    Tips: Jenis camilan asam yang ideal dikonsumsi ibu hamil. Selain kandungan zat gizinya lengkap,  kandungan bakteri baik di dalam yogurt dapat memelihara kesehatan saluran cerna dan mencegah konstipasi yang kerap menyerang saat hamil. Agar semakin lezat dan bergizi, tambahkan potongan buah ke dalam yogurt.
Baca juga:

 



Artikel Rekomendasi