Tips Penawar Mual Ibu Hamil

 

Saat rasa mual datang, ibu hamil biasanya gemar makan makanan yang asam. Tidak ada larangan makan makanan yang asam saat hamil, asal....
  • Jangan mengonsumsi makanan asam selagi perut kosong, karena makanan asam bersifat iritatif sehingga berisiko melukai lambung jika disantap saat lambung kosong. Karenanya, paksakan diri untuk makan sesuatu sebelumnya, meski sedikit: nasi, roti, mi atau kue. Ini penting, terutama bila Anda memiliki riwayat sakit maag.
  • Pilih jenis asam yang alami ketimbang buatan, jadi daripada makan permen asam yang mengandung banyak kalori dan rasa asam yang dihasilkan dari zat kimia, lebih baik makan rujak buah segar. Senang makanan berkuah asam? Gunakan asam jawa, asam kandis, perasan jeruk nipis atau lemon untuk menguatkan rasa ketimbang menggunakan cuka atau perasa asam buatan lainnya yang bersifat lebih iritatif ketimbang yang alami.
  • Batasi porsinya, jangan sampai camilan asam membuat Anda kenyang sehingga melupakan jadwal makan utama. Jangan lupa, ketika hamil, Anda membutuhkan tambahan 300 kalori atau kira-kira sebanyak satu porsi nasi dengan lauk pauk, dari pada sebelum hamil.
  • Cari penawar mual lainnya yang tidak asam, misalnya dengan menyeruput air jahe hangat, menghindari santan dan gorengan, makan dalam porsi sedikit tapi lebih sering, atau barangkali dengan memanfaatkan aromaterapi maupun teknik hipnoterapi.  
Baca juga:

 



Artikel Rekomendasi