Tips Tangani Kanker Mulut Ibu Hamil

 

Kebersihan dan kesehatan mulut tak boleh dipandang sebelah mata saat hamil. Karena, kanker mulut bisa menghinggapi ibu hamil jika kebersihan mulut kurang terjaga.

Gejala: Terjadi di pinggir lidah, dasar mulut, langit-langit lunak, pipi, dan rahang. Gejalanya bervariasi, jika di lidah sakit seperti sariawan, kadang tidak ada gejala sama sekali sehingga terlambat didiagnosis.
Penyebab: Pertumbuhan sel tidak semestinya akibat kelainan genetik, oral hygiene buruk, serta nikotin. Sering dialami ibu perokok, pengunyah sirih/tembakau, dan peminum alkohol.

Perawatan:  Tergantung seberapa jauh kanker berkembang. Kanker mulut dapat menyebar     melalui kelenjar limfe di sekitar rongga mulut dan leher. Perawatannya, terapi penyinaran,      pembedahan (mengangkat tumor) dan kemoterapi. Namun penyinaran sering merusak     kelenjar ludah dan menyebabkan mulut kering, sehingga menimbulkan masalah lain seperti  gigi mudah berlubang, jamur di mulut, mudah sariawan. Pengobatan kanker mulut  tidak    aman bagi ibu hamil, tim dokter akan mempertimbangkan yang terbaik bagi pasien.
 

 



Artikel Rekomendasi