Trik Kontrol Porsi Makan

 

Pernahkah merasa sangat lapar, sehingga makan lebih banyak dari biasanya? Jaga porsi makan Anda!

Ubah “dekorasi” piring. Misalnya, jika sebelumnya lauk daging mendominasi isi piring, kini cobalah mengisi sekitar 50% piring dengan sayur. Sisa tempat di piring bisa untuk sepotong daging dan nasi. Dengan cara ini, Anda terhindar dari risiko kalori berlebih, tubuh pun dapat zat-zat gizi lain sebagai gantinya.

Buat perbandingan. Porsi makan yang ditulis berdasarkan satuan berat yang baku mungkin akan membuat Anda sulit mengingat dan mematuhinya. Agar lebih mudah, coba buat perbandingan berat bahan makanan tertentu dengans ebuah benda yang Anda kenal. Misalnya, 100 gram nasi itu setara dengan ¾ gelas nasi atau 1 buah kentang ukuran sedang. Atau, 50 gram daging itu setara dengan 1 potong daging ukuran sedang.

Jauhkan makanan dari jangkauan. Makanan yang tersaji di dekat Anda cenderung membuat Anda mengambilnya lagi. Tanpa sadar, Anda telah mengambilnya lebih dari porsi yang dibutuhkan. Lebih baik, ambil keripik pisang, misalnya, dalam jumlah yang cukup, lalu letakkan stoples atau wadahnya di tempat yang tidak terjangkau oleh tangan Anda. Jika mungkin, daripada menyajikan aneka masakan di meja makan, mengapa tidak biarakan saja mereka di dalam tempatnya di dapur dan hanya mengambil seperlunya untuk mengisi piring. Sehingga Anda punya kesempatan untuk berpikir apakah benar-benar masih ingin menyantapnya lagi atau sebaliknya, sudah cukup sehingga Anda tidak perlu beranjak dan mengambilnya lagi.

Minum air. Tidak hanya mencegah dehidrasi dan membantu proses pencernaan, air juga membantu memperlambat munculnya ras alapar di antara waktu makan. Sebagai variasi, cobalah minuman bercita rasa khas, seperti teh herbal. Sensasinya bisa mengalahkan keinginan Anda untuk ngemil.

Tingkatkan frekuensi, kurangi porsi. Sesekali ubah pola makan dari 3 kali makan utama dan 2 kali selingan menjadi beberapa kali makan dengan porsi lebih kecil. Pola makan ini terutama bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami mas angidam atau ingin selalu ngemil. Dengan beberapa kali dalam porsi kecil sepanjang hari, Anda tetap memiliki energi dan bisa menekan keinginan selalu mengunyah makanan. Karena jika Anda merasa sangat lapar, Anda akan cenderung balas dendam pada waktu makan berikutnya. (me)


 



Artikel Rekomendasi