Usir Strech Marks

 

Guratan atau Strech Marks, terjadi pada hampir 50% ibu hamil. Guratan ini terjadi akibat peregangan kulit sejalan dengan membesarnya rahim dan dinding perut. Guratan tidak hanya muncul di perut, namun bisa juga di payudara dan paha. Guratan berbentuk mirip garis-garis berlekuk di permukaan kulit dengan warna agak putih. Terkadang disertai rasa gatal.

Guratan biasanya berkurang, memudar dan kemudian hilanh setelah beberapa bulan bayi lahir. Namun tak jarang, peregangan ini menimbulkan robekan di jaringan bawah kulit. Jika sudah begini, guratan sulit hilang. Jangan khawatir! Anda dapat meminimalkan guratan dengan cara:
  • Upayakan agar kenaikan berat badan tidak berlebihan.
  • Jaga kelembaban kulit, terutama perut dan payudara, serta bagian tubuh lain yang kulitnya mongering, dengan mengoleskan krim pelembab.
  • Kenakan baju yang mudah menyerap keringat (dari bahan katun dan kaus) dan cukup longgar untuk mengantisipasi keringat yang keluar berlebihan. Ini menyebabkan kulit jadi gatal dan memicu Anda menggaruk-garuk.
  • Tingkatkan elastisitas kulit. Cukupi kebutuhan vitamin mineral (sayur, buah), minum dan lakukan perawatan dengan pelembab (sebaiknya yang alami, contohnya minyak zaitun).
  • Oleskan kirm anti strech marks sejak awal kehamilan. Namun, sebelum menggunakannya tanyakan dahulu ke dokter Anda, atau coba sedikit. Kalau tak menimbulkan reaksi apapun, Anda bisa terus memakainya.
Jika strech marks tetap muncul selam hamil, beberapa hal dapat Anda lakukan pasca melahirkan, antara lain:
  • Secara tradisional. Campurkan air perasan jeruk nipis dengan seujung sendok teh kapur sirih menjadi cairan kental, lalu oles halus tipis pad aperut (hati-hati jika terlalu kental akan panas dan membakar kulit). Hal ini bisa dilakukan dua kali sehari sehabis mandi. Selainitu, kini tersedia di pasaran tapel siap pakai untuk perawatan seperti ini.
  • Operasi laser, yakni menghilangkan tanda garis putih dengan sinar laser. Walau tergolong tindakan ringan, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter.

 



Artikel Rekomendasi